NEWS

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Besok, Kapolda Minta Keberagaman di Babel Tetap Dijaga

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengajak seluruh masyarakat menjadikan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Selasa, 1 Juni 2021 besok untuk menjaga keberagaman.

“Di Bangka Belitung ini pun terdiri berbagai macam suku ras, adat, budaya, bahasa dan agama. Walaupun mayoritas masyarakat melayu Bangka, tetapi masih ada percik-percik yang lain. Jadikan ini suatu pelajaran bagi kita bahwa keberagaman yang kita tata dan rawat dengan sebaik-baiknya akan membuat suasana pun juga akan nyaman dan damai,” ujar Anang dalam sambutannya pada Apel Pagi dan Pemberian Penghargaan Kepada Satgas Pangan di Mapolda Bangka Belitung, Senin, 31 Mei 2021.

Anang menuturkan diberbagai provinsi masih ada gejala-gejala berkaitan dengan masalah keberagaman. Hal itu, kata dia, jangan sampai terjadi di Bangka Belitung karena keberagaman adalah keniscayaan dan kenyataan yang harus kita hadapi.

“Tapi persatuan dan kesatuan tidak boleh kita tinggalkan. Suarakan ini di masyarakat dan suarakan ini senantiasa setiap kali ada kesempatan. Kita sebagai bangsa Indonesia bukan berarti berbeda menjadi perpecahan tetapi justru menjadi warna keindahan dan harus disatukan,” ujar dia.

Anang meminta anak buahnya yang berada di tengah masyarakat, bertemu dengan mahasiswa atau kelompok jika ada permasalahan yang mendalam untuk disampaikan bahwa sebagai bangsa Indonesia dengan keberagaman dan ada kebhinekaan harus saling menghargai satu dengan yang lain.

“Pancasila sebagai perekat bangsa, sebagai ideologi bangsa kita yang paling cocok untuk bangsa Indonesia. Berbagai negara sudah mulai melihat Pancasila ini dari sudutnya masing-masing. Ada yang memandangi cocok untuk bangsanya ada yang memandang ini tidak cocok untuk bangsanya. Meski permasalahan awalnya banyak sekali kontroversi tapi setelah dilakukan pengkajian secara mendalam, maka diputuskan pemerintah dalam 2 tahun terakhir ini tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Untuk itu harus kita jaga,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button