BANGKA SELATANNEWS

Operasi Ketupat Menumbing 2021 Cegah Penyebaran Covid-19 di Masa Idul Fitri

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan menggelar apel gelar pasukan operasi ketupat Menumbing tahun 2021 guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid-19 pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto mengatakan, apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dalam melayani masyarakat yang akan melaksanakan lebaran dimasa pandemi Covid-19 agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi peningkatan pasca lebaran Idul Fitri.

“Operasi ketupat Menumbing tahun 2021 ini untuk mencegah penyebaran covid-19 agar tidak terjadi kluster baru seperti kluster mudik, kluster lebaran dan kluster lainnya seperti yang terjadi pada tahun lalu bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 setelah lebaran. Dan ini harus kita cegah bersama agar tidak ada peningkatan jumlah kasus Covid pada tahun ini,” kata AKBP Agus Siswanto kepada wartawan usai memimpin apel, Rabu 5 Mei 2021.

Ia menuturkan, dalam operasi ketupat Menumbing 2021, sebanyak 36o personel gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, dan unsur lainnya dilibatkan dalam operasi tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita berusaha menurunkan kasus Covid-19, karena ini program utama untuk mencegah atau menurunkan penyebaran Covid-19 pada saat perayaan hari raya Idul Fitri. Selain itu dalam operasi ini juga agar perayaan lebaran berjalan lancar kita juga mencegah kriminal seperti tindak kejahatan,” ujar dia.

Agus menambahkan, untuk penjagaan arus mudik, pihaknya akan melakukan penjagaan di pintu masuk dengan memasang sekat-sekat seperti di Airgegas, dan jalan arah ke Pelabuhan Sadai dan Sukadamai.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori mengatakan, untuk mendukung operasi ketupat Menumbing 2021, pemerintah daerah menurunkan personel dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan yang akan ditempatkan di posko-posko yang telah dibentuk oleh Polres Bangka Selatan.

“Khusus untuk penanganan Covid-19 pada saat lebaran ini kita sudah mengerahkan personel Satpol PP. Selain itu kita juga telah melarang bagi ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk melakukan mudik. Dan untuk open house kemungkinan di tiadakan baik di rumah Bupati dan pejabat lainnya,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button