LENSA KRIMINALNEWS

Mega Korupsi BRI Pangkalpinang, Kejati Babel Kembali Tahan Dua Orang dari Internal

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penahanan terhadap mantan Kepala Cabang (Kacab) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pangkalpinang dan mantan Kepala Cabang Pembantu (Kacabtu) BRI Depati Amir.

Asisten Intelijen Kejati Bangka Belitung Johnny William Pardede mengatakan kedua tersangka yang diamankan adalah mantan Kacab BRI Pangkalpinang berinisial AHP dan Kacabtu BRI Depati Amir berinisial ATN.

“Keduanya ditahan sehubungan dengan dugaan melakukan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam pemberian fasilitas kredit terhadap 47 orang debitur,” ujar Johnny kepada wartawan, Rabu, 19 Mei 2021.

Johnny menuturkan tersangka AHP dalam kasus tersebut berperan dalam pemutus kredit terhadap 12 debitur di BRI Cabang Pangkalpinang dengan bekerja sama dengan para AO RA, AO H dan CI E untuk memproses pengajuan kredit. Akibat perbuatan AHP itu, kata Johnny, kerugian negara pada BRI diperkirakan sebesar Rp 24 miliar.

“Sedangkan tersangka ATN juga berperan sebagai pemutus kredit terhadap 32 debitur dan Account Officer terhadap 3 debitur yang bekerja sama dengan AO D dan AO PAH untuk memproses pengajuan kredit KMK terhadap 35 debitur. Kerugian negara disini mencapai Rp 19,4 miliar,” ujar dia.

Johnny menambahkan kedua tersangka dikenakan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaimana telah diubah dalam UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

“Saat ini keduanya kita titipkan di rumah tahan di Mapolda Kepulauan Bangka Belitung. Adapun dasar dilakukan penahanan untuk tersangka AHP adalah surat perintah penahanan nomor PRINT-114/L.9/Fd.1/05/2021 tertanggal 19 Mei 2021. Dan tersangka ATNI berdasarkan surat perintah penahanan nomor PRINT-113/L.9/Fd.1/05/2021 tertanggal 19 Mei 2021,” ujar dia.

Penulis: Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button