NEWSPANGKALPINANG

LPKA Pangkalpinang Berikan Pendidikan Karakter kepada Andikpas

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang diberikan pembinaan kepramukaan kepada sejumlah Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang sedang menjalani masa pidana. Kegiatan kepramukaan yang diikuti oleh Andikpas ini tentunya berbeda dengan anak-anak pada umumnya yang seusia dengan mereka dapat menjalani rangkaian aktifitas normal termasuk kegiatan pramuka di alam bebas dan terbuka pada Jumat, 28 Mei 2021.

Kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan di lapangan apel pegawai dan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker serta menjaga jarak.

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana mengapresiasi kegiatan kepramukaan yang diberikan oleh seksi pembinaan serta jajarannya. Dia menuturkan, pembinaan kepramukaan merupakan kegiatan pembinaan yang diberikan dalam rangka memberikan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, keterampilan, rasa sosial, spiritual, dan emosional Andikpas dapat berkembang secara baik serta terarah.

Nanang berharap selama mengikuti rangkaian kegiatan pembinaan saat berada di LPKA Kelas II Pangkalpinang, semua anak dapat menimba ilmu maupun keterampilan yang bermanfaat baik dari internal pegawai maupun instansi dan stakeholder terkait lainnya.

Sementara itu, Kasubsi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan (Dikbimkemas), Kasdar menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan kepramukaan ini diberikan rutin setiap satu minggu sekali, antara hari Jumat atau hari Sabtu.

“Sebagai anak muda dan generasi penerus bangsa, sudah seharusnya anak-anak disini diberikan perhatian dan bimbingan yang lebih dan berkelanjutan karena mereka juga mempunyai hak untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih baik dimasa yang akan datang,” kata Kasdar.

Kasdar berharap seiring dengan proses pembinaan yang telah diberikan, semoga ada perubahan baik bagi anak dan kedepanya bisa menaati semua peraturan yang berlaku. Sehingga pada saat sudah dinyatakan selesai menjalani pembinaan di sini maka mereka bisa bersikap dan bertindak untuk memilih dan membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan, mana yang baik dan buruk.

“Alhamdulillah di sini kami diberikan perhatian lebih, banyak ilmu dan keterampilan yang kami dapatkan selama mengikuti pembinaan di LPKA Kelas II Pangkalpinang. Salah satuya dalam pramuka ini, kami menjadi paham tata cara baris berbaris, melatih kekompakan dan dapat membentuk watak kami menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujar Dandi yang merupakan salah satu Andikpas yang sedang menjalani pembinaan di LPKA Kelas II Pangkalpinang.

Penulis: Louis BY | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button