NEWS

Hujan Lebat, Pemkot Alihkan Sholat Idul Fitri ke Teras Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gema takbir berkumandang dari rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang, pada Kamis pagi, 13 Mei 2021. Untuk pertama kalinya, sholat Idul Fitri dilangsungkan di teras depan halaman rumah kedinasan orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini.

Awalnya, sholat Idul Fitri 1442 Hijriah telah direncanakan akan dilangsungkan di Alun-alun Taman Merdeka seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, hujan lebat yang mengguyur Kota Pangkalpinang sejak subuh, membuat pelaksanaan sholat Id mesti berpindah tempat. Lapangan yang basah tak memungkinkan untuk dijadikan lokasi ibadah.

Pemerintah Kota Pangkalpinang pun bergerak cepat untuk tetap melaksanakan sholat Idul Fitri itu di lokasi baru. Teras depan rumah dinas wali kota, jadi lokasi pengganti.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menyambut gembira usulan tersebut. “Alhamdulillah, ini sebuah barokah, yang tadinya kita akan sholat Idul Fitri di Alun-alun Taman Merdeka, kita pindahkan ke rumah dinas,” ujar Wali Kota pemilik nama sapaan Molen, itu.

Dengan peserta terbatas, sholat Idul Fitri tetap berlangsung khidmat. Ketua MUI Kota Pangkalpinang Syamsuni Saleh bertindak sebagai khotib dan imam sholat Idul Fitri yang dihadiri unsur Forkopimda tersebut.

Adanya sholat Idul Fitri dengan jumlah terbatas dalam suasana hujan lebat, menurut Molen merupakan hal yang mesti disikapi dengan positif. Paling tidak, lanjut dia, dapat mencegah terjadinya kerumunan di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan mengikuti perintah presiden, Wali Kota Pangkalpinang pada Idul Fitri tahun ini meniadakan open house. Namun, meski demikian, menurut Molen silaturahmi tetap bisa dilangsungkan dengan virtual.

“Saya beserta keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, walaupun di tengah Covid-19 kita tetap jaga silaturahmi,” ujar Molen.

Donny Fahrum | Advertorial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button