BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Bantu Kelestarian Ekosistem Laut, Ditpolairud Polda Babel Tenggelamkan Rumpon dari Knalpot

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung membuat rumpon ikan dengan memanfaatkan ribuan knalpot brong yang disita oleh Direktorat Lalu Lintas Ditlantas.

Penenggelaman rumpon dari knalpot brong tersebut dilakukan langsung oleh Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat beserta para pejabat utama polda dan Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian di Perairan Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah.

Direktur Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Muhammad Zainul mengatakan pemanfaatan knalpot brong menjadi rumpon sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem laut dengan menghidupkan kembali terumbu karang yang menjadi rumah populasi ikan.

“Selain membantu masyarakat, ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap kelestarian lingkungan dan habitat laut. Rumpon ini dapat memberi keuntungan sebagai habitat yang baru bagi ikan di wilayah Ketawai sehingga bisa berkembang biak lebih banyak,” ujar Zainul kepada Lensabangkabelitung, Kamis, 27 Mei 2021.

Zainul menuturkan pihaknya senantiasa mengingatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan ekosistem laut dengan tidak merusaknya. Apalagi, kata dia, dalam mencari ikan sangat dilarang menggunakan perangkap ilegal maupun penggunaan bom ikan.

“Rumpon yang kita tenggelamkan ini kita minta untuk dijaga dan jangan sampai dirusak. Jika sudah berhasil, maka keuntungan yang didapat juga untuk masyarakat terutama nelayan karena di wilayah ini kaya akan ikan dan bisa menjadi daya tarik wisata memancing atau menyelam,” ujar dia.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat menambahkan pihaknya mengamankan lebih dari 4 ribu knalpot dari kendaraan para pengendara yang ada di Pulau Bangka.

“Daripada dimusnahkan, kita dorong ini menjadi barang yang lebih bermanfaat. Knalpot itu kita rangkai menjadi bentuk pesawat helikopter dan kapal kemudian kita tenggelamkan. Ini bisa menjadi salah satu tambahan objek wisata bagi para penyelam dengan melihat rumpon bentuk kapal dan pesawat serta sepeda motor itu,” ujar dia.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button