NEWS

Sudah Bulan April, Empat Kabupaten di Babel Ini Belum Ajukan Pencairan DAU

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Bangka Belitung mencatat masih ada empat pemerintah kabupaten yang hingga April 2021 belum mengajukan permintaan pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) triwulan pertama tahun 2021.

Keempat kabupaten yang belum mengajukan penyaluran DAU tersebut adalah Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Bangka Selatan, dan Kabupaten Bangka Tengah karena masih berkutat dengan penghitungan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Kepala Kanwil DJPb Bangka Belitung Fahma Sari Fatma mengatakan penyaluran DAU yang masuk dalam kinerja di triwulan I hanya kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Sedangkan tiga pemerintah daerah lagi menyusul tapi tidak masuk dalam kinerja triwulan I.

“Ketiganya tidak masuk kinerja triwulan I karena mengajukan pencairan di bulan April, yaitu Pemprov Bangka Belitung pada 6 April 2021, Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang pada 12 April 2021. Jadi kita masih menunggu empat kabupaten lagi yang belum mengajukan,” ujar Fahma dalam Press Release Evaluasi Kinerja APBN Triwulan I di Kantor DJPb Bangka Belitung, Rabu, 14 April 2021.

Fahma menuturkan DAU April seharusnya bisa dicairkan pemerintah daerah di akhir Maret. Namun karena adanya penyesuaian yang perlu dilakukan penghitungan, kata dia, banyak pemerintah daerah di akhir Maret yang tidak siap.

“Ada beberapa Pemda tidak siap sehingga di akhir Maret mereka tidak bisa meminta penyaluran DAU-nya. Mereka baru minta di bulan April. Jadi mereka tidak meminta di akhir Maret karena harus menghitung ulang sehingga di April baru minta,” ujar dia.

Fahma menambahkan recofusing anggaran 8 persen untuk penanganan Covid-19, membuat pemerintah daerah harus mencarikan alokasi 8 persen penanganan Covid-19 tersebut bahkan recofusing hingga ke dana desa.

“Penyesuaian anggaran ini tidak hanya di Bangka Belitung kalau kami melihat. Pemerintah daerah butuh waktu untuk menyesuaikan alokasi ini sehingga ada keterlambatan permintaan ataupun penyaluran DAU April ini,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button