BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALNEWS

Siap Bantu Polisi Lakukan Pembongkaran, Warga Tuntut Penambang Kosongkan Kolong Kenari

Lensabangkabelitung.com, Koba– Sejumlah warga lingkar tambang Pungguk, Kenari dan Merbuk mendatangi melakukan aksi demontrasi menolak keberadaan tambang ilegal yang terus eksis beroperasi hingga saat ini.

Aksi unjuk rasa warga tersebut digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Bangka Tengah, Sabtu Kemarin. Saat menjalankan aksinya, warga disambut langsung oleh Kapolsek Koba Iptu Martuani Manik, Camat Koba Muslimin dan Kasatpol PP Bangka Tengah Irwan.

Salah satu warga Syarob Syahroni mengatakan ponton TI rajuk di lokasi tambang kolong pungguk, kenari dan merbuk saat ini jumlahnya sudah mencapai 200 unit.

“Jika cara kerjanya serentak dengan teknis penambangan menyalahi aturan yang tidak memenuhi standart maka ini tidak bisa dibicarakan lagi,” ujar Syarob.

Menurut Syarob, dia dan warga lainnya merasa sudah tidak nyaman karena tengah malam pun tambang ilegal itu masih beroperasi dan membuat warga terganggu.

“Mereka membuat kami tidak nyaman. Kami tidak bisa bertoleransi karena hak kami dibatasi oleh orang lain,” ujar dia.

Syarob menuturkan beberapa hari lalu Polsek Koba sudah turun ke lapangan mengimbau penambang untuk membongkar ponton-pontonnya. Dengan aksi tersebut, Syarob mengatakan bahwa warga juga siap mendukung Polsek Koba.

“Intinya kami minta segera dibongkar agar semua masyarakat dari hulu ke hilir tenteram,” ujar dia.

Kepala Lingkungan 2 Kelurahan Simpang Perlang Sopian mengatakan warga siap membantu Polsek Koba membantu pembongkaran.

“Bahkan jika ada jaminan dari pihak terkait yang menyuruh warga yang bongkar, warganya siap melakukan pembongkaran. Tapi kami minta jaga keamanannya,” ujar dia.

Kapolsek Koba Iptu Martuani Manik mengatakan memahami keinginan warga untuk membongkar ponton tambang dan mengosongkan area tersebut. Namun dia meminta warga tidak anarkis dan mempercayakan masalah tersebut ke aparat penegak hukum.

“Saya akan berupaya sesuai arahan Kapolres Bangka Tengah untuk melakukan penertiban. Kami berterimakasih kepada masyarakat telah mendukung kami,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button