BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA POLITIKNEWS

Permudah Pengelolaan Arsip, Bangka Tengah Launching E-Arsip Beriman

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah menggelar Launching e-ARSIP BERIMAN (Aku Rawat Sistem Informasi Penting Bersifat Rahasia dan Aman) dan GARDA STAR di Gedung Serba Guna (GSG) Bangka Tengah, Selasa, 6 Maret 2021.

Launcing e-ARSIP Beriman dan Garda Star diresmikan langsung oleh Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan beserta Kapolres Bangka Tengah.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Budi Utama mengatakan bahwa e-ARSIP BERIMAN merupakan terobosan atau inovasi terbaru dan pertama di Bangka Belitung.

“Kegiatan ini dalam rangka pengelolaan arsip secara tertib dan terpadu, maka dari itu kita membuat suatu terobosan/inovasi pelayanan untuk masyarakat khusus Bangka Tengah,” ujar Budi kepada wartawan, Selasa, 6 Maret 2021.

Ia menuturkan, dengan memanfaatkan teknologi melalui penerapan e-government yang merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi untuk membangun pemerintahan modern

Budi menjelaskan, bahwa e-ARSIP BERIMAN hadir di tengah-tengah masyarakat Bangka Tengah sebagai wadah yang lebih ringkas serta menjaga informasi tetap rahasia dan aman.

“Masyarakat tidak perlu membawa berkas kemana-mana, cukup disimpan melalui handphone, di sini kami juga bekerja sama dengan Diskominfosta dan Dukcapil dalam hal proses dan pendataan sehingga langsung terhubung baik data KTP, KK dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Budi, ini sifatnya untuk menyimpan data pribadi dan yang bisa menggunakan aplikasi ini hanya masyarakat Bangka Tengah saja, yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdaftar di Dukcapil Bangka Tengah, sedangkan untuk program GARDA STAR yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah adalah dalam rangka mendukung perilaku sadar tertib Arsip.

“Tertib Arsip sebagai program prioritas pada penyelenggara pemerintahan Daerah sebagai arus utama dalam pengelolaan, penyelamatan, penggunaan Arsip dan penyediaan sumber daya pendukung, oleh karena itu kami mengadakan program GARDA STAR  dalam rangka mendukung perilaku sadar tertib Arsip,” ujar Budi.

Budi berharap, untuk target kita tahun ini, kita berharap aplikasi ini sudah digunakan di sekolah, perangkat desa, dan stakeholder dan tahun depan juga akan kita sosialisasikan ke masyarakat dengan harapannya di era dunia digital sekarang, masyarakat jangan hanya menggunakan handphone untuk hal yang tidak bermanfaat tetapi bisa digunakan sebagai alat untuk menyimpan data,” harap Budi.

Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman mengatakan ini merupakan kebanggaan yang sangat besar buat dirinya atas inovasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah.

“Aplikasi ini memudahkan untuk kita semua, untuk lebih santai dan rileks di dalam menggunakan maupun memanfaatkan berkas-berkas kita, tidak perlu bersusah payah berat-berat membawa berkas cukup punya aplikasi e-ARSIP BERIMAN di HP kita atau di laptop,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button