NEWS

Disperindag Provinsi Babel Gelar Pasar Murah di Sungailiat

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas perindustrian dan perdagangan provinsi kepulauan Bangka Belitung berkoordinasi dengan Dinas tenaga kerja perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bangka menggelar kegiatan pasar murah di Taman Sari Sungailiat,Rabu (6/3/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dipserindag Babel, Mashun mengatakan kegiatan pasar murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat Sungailiat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga murah menjelang hari raya Nyepi.

“Kegiatan Pasar murah ini rutin kami laksanakan setiap tahunnya. Kegiatan pasar murah ini dilaksanakan menjelang hari besar agama, baik idul Adha, idul Fitri, Natal dan hari ini menjelang hari Raya Nyepi.Tahun ini ada 45 kali kami laksanakan, di tujuh Kabupaten/Kota, diluar jadwal Kabupaten,”jelas Mashun. 

Pasar murah ini di selenggarakan dengan melibatkan sejumlah distributor sembako dengan harga dibawah het, untuk meringankan masyarakat yang merayakan hari raya Nyepi karena harga sembako yang dijual relatif lebih murah dibanding dengan harga pasaran.

Dikatakan, pihaknya merencanakan membuka kegiatan pasar murah sampai akhir 2019 sebanyak 40 kali lebih yang tersebar disejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Tahun ini kami mengagendakan pasar murah sekitar 40 kali ditempat yang berbeda, setelah di Kota Sungailiat direncanakan dilakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Belinyu, kami bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk menentukan lokasi kegiatan termasuk memberitahukan kepada masyarakatnya,”jelasnya.

Sebagian besar atau bahkan 80 persen kebutuhan bahan pokok masyarakat di Bangka Belitung dipasok dari luar daerah seperti dari Lampung, Palembang dan sebagian pulau Jawa.

“Terjadinya fluktuasi harga kebutuhan pokok masyarakat di Bangka Belitung dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari kondisi alam seperti gelombang pasang yang mengakibatkan keterlambatan pasokan termasuk musim panen,”jelas Mashun. 

Pada pasar sembako murah ini berbagai macam bahan kebutuhan pokok di jual dengan harga murah mulai dari beras, minyak goreng,gula bumbu dapur seperti bawang merah bawang putih dan lainnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button