BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Pasar Tani Permudah Petani Bangka Selatan Jual Hasil Panen

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan menggelar pasar tani guna membantu memasarkan produk hasil pertanian petani.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan pasar tani merupakan salah satu media pemerintah daerah untuk memasarkan produk-produk lokal, khususnya produk hasil pertanian.

“Pasar tani ini bertujuan untuk membantu para petani kita dalam memasarkan produk hasil pertanian mereka seperti Cabe, Kacang, Semangka, dan beberapa produk pertanian lainnya,” kata Suhadi kepada wartawan, Senin, 12 April 2021.

Ia menuturkan, selain membantu petani dalam memasarkan hasil pertanian, pasar tani juga diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian dan produk petani bisa diminati oleh masyarakat Bangka Selatan sendiri.

“Produk hasil pertanian yang di pasarkan seperti Semangka, Cabe, Tomat ini hasil dari pertanian di Desa Payung, sedangkan untuk beras rata-rata dari hasil pertanian di Desa Rias. Selain hasil pertanian, juga ada beberapa produk UMKM yang juga dipasarkan dalam kegiatan pasar tani ini seperti kerupuk, selai nanas, dan lainnya,” ujar dia.

Suhadi mengungkapkan, untuk harga produk hasil pertanian yang dipasarkan di pasar tani sesuai dengan harga dari petani. Dan harga ini di bawah dari harga pasar biasanya.

“Untuk harganya ini dari petani. Tapi harga ini dibawah harga pasar, seperti harga beras putih perkilogram Rp 10.000, harga beras merah Rp 13.000, harga cabe rawit Rp 80.000, harga cabe besar Rp 45.000, tomat Rp 9.000,” ujar dia.

Ia berharap dengan pemasaran produk hasil pertanian melalui pasar tani dapat menarik minat masyarakat Bangka Selatan untuk membeli produk hasil pertanian petani, terutama bagi ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Bangka Selatan.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button