BANGKA SELATANNEWS

Kejari Basel Antar Barang Bukti Kasus yang Sudah Inkrah Kepada Pemilik

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan memberikan layanan serah terima barang bukti (La-Sehati) di rumah sendiri guna memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan kembali barang bukti yang sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Bangka Selatan, F Oslan Parningatan melalui Staf Barang Bukti, Windi Saputri mengatakan, layanan serah terima barang bukti di rumah sendiri bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kembali barang bukti yang sudah selesai digunakan dalam perkara di pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

“Hari ini kami menyerahkan barang bukti satu unit sepeda motor dari perkara pencurian. Di mana barang bukti yang sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap kami antar kepada pemilik barangnya dengan profesional dan gratis tanpa dipungut biaya,” kata Windi Saputri kepada wartawan didampingi Staf Barang Bukti, Fauzi, Selasa 20 April 2021.

Ia menuturkan, dalam memberikan layanan La-Sehati kepada masyarakat, pihaknya secara langsung akan menghubungi pemilik barang bukti yang sudah inkrah yang kemudian akan diantarkan secara langsung dan secepat mungkin setelah keputusan pengadilan keluar.

“Untuk pengantaran barang bukti di rumah sendiri ini selain mengantarkan di wilayah daratan, kami juga mengantarkan sampai ke wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. Hal ini untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kembali barang miliknya,” ujar dia.

Sementara itu, pemilik barang bukti, Abdul Hamid mengaku, sangat terbantu dengan adanya layanan serah terima barang bukti di rumah sendiri dari Kejaksaan Negeri Bangka Selatan. Karena memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Saya sangat mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Bangka yang telah mengantarkan barang bukti berupa motor sampai ke rumah saya tanpa dipungut biaya sepeser pun (gratis_red),” ujar Abdul Hamid warga Desa Terap Kecamatan Tukak Sadai.

Ia mengatakan, dengan adanya layanan yang diberikan Kejaksaan Negeri Bangka Selatan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang kurang mengerti tentang hukum.

“Semoga layanan yang menyentuh langsung kepada masyarakat seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin baik kedepannya. Dan semoga melalui salah satu program layanan ini, Kejaksaan Negeri Bangka Selatan bisa meraih WBBM,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button