BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KRIMINALNEWS

Kasus Tipikor Pakaian Linmas Satpol PP, Kejari Basel Selamatkan Uang Negara Rp 150 Juta

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan berhasil menyelamatan keuangan negara sebesar Rp 150 juta dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan pakaian Linmas dan atribut pakaian kerja lapangan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bangka Selatan tahun anggaran 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Mayasari melalui Kasi Intel, Dody P Purba mengatakan, penyelamatan uang negara dalam senilai Rp 150 juta merupakan hasil tindakan penyidikan.

“Berdasarkan Sprint Penyidikan Nomor : Prin-106/L.9.15/Fd.2/03/2021 tanggal 9 Maret 2021, tim penyidik Seksi Pidana Khusus melakukan tindakan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan pakaian Linmas dan atribut pakaian kerja lapangan pada Satpol PP Bangka Selatan, dan berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 150 juta,” kata Dody dalam pesan resminya, Jumat, 9 April 2021.

Ia menuturkan, uang tersebut merupakan uang sitaan yang berasal dari Iwan Kurniawan selaku penyedia dan juga dari Paisal Ansori. Masing-masing dari keduanya menyerahkan sebesar Rp 115 juta dan Rp 35 juta.

“Dari Iwan Kurniawan ini menyerahkan uang sebesar Rp 115 juta pada tanggal 19 Maret 2021 dan dari Paisal Ansori sebesar Rp 35 juta yang diserahkan pada tanggal 9 April 2021,” ujar dia.

Dody mengungkapkan, uang tersebut kemudian dilakukan penyitaan berdasarkan Surat perintah penyitaan nomor : Prin-138/L.9.15/Fd.2/02/2021 dan disetorkan ke kas Negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak melalui Bank Mandiri cabang Toboali.

“Uang sejumlah Rp 150 juta tersebut kemudian dijadikan barang bukti dalam mengungkap tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya,” ujar dia

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button