NEWS

Kamseltibcarlantas, Larangan Mudik dan Penerapan Prokes Jadi Sasaran Operasi Keselamatan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung dan jajaran melaksanakan operasi dengan sandi Operasi Keselamatan Menumbing 2021 terhitung mulai hari ini, Senin, 12 April 2021.

Adapun sasarannya adalah larangan orang yang akan mudik, kendaraan pribadi atau umum yang dipakai untuk mudik, masyarakat yang tidak menggunakan masker, penerapan protokol kesehatan di tempat umum hingga mencipta Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan sasaran operasi diprioritaskan dan disesuaikan dengan peraturan pemerintah terkait pelaksanaan puasa bulan Ramadan.

“Kita prioritaskan kegiatan Dikmas Lantas guna mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas dan untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui arti pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan serta memahami kebijakan pemerintah untuk tidak mudik lebaran” ujar Anang saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Menumbing di Mapolda Bangka Belitung, Senin, 12 April 2021.

Anang menuturkan dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut pihaknya tidak bisa berdiam diri dan wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas.

“Amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas,” ujar dia.

Selain itu, kata Anang, pihaknya juga diberi tugas untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Tugas tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya diterima serta dijalankan oleh semua pihak,” ujar dia.

Anang mengharapkan jajaran lalu lintas mampu mempersiapkan langkah–langkah antisipasi baik secara taktis dan teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat kepada peraturan lalu lintas.

“Serta mampu menciptakan kamseltibcarlantas dengan sendirinya sehingga potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir,” ujar dia.

Anang menambahkan kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mendukung program prioritas kapolri yang presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

“Kepada anggota yang bertugas tetap tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, jaga keselamatan anda dalam pelaksanaan tugas dan terapkan buddy system, tingkatkan disiplin anggota polantas, jalin sinergitas dengan instansi terkait, wujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas dan jaga selalu kesehatan dan ikuti aturan pemerintah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Check Also
Close
Back to top button