BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Jumat Agung dan Paskah, Gereja di Bangka Selatan Disterilisasi

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Satuan Samapta Polres Bangka Selatan melaksanakan sterilisasi disetiap gereja yang ada di Kabupaten Bangka Selatan yang akan melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah pada Jumat besok, 2 April 2021.

Kasat Samapta Polres Bangka Selatan, Iptu Perdana Win mengatakan, kegiatan sterilisasi dilakukan di gereja-gereja terkait dengan adanya pelaksanaan perayaan Jumat Agung dan Paskah. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan setiap gereja supaya para jemaat dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

“Dari hasil yang kita laksanakan hari ini dari beberapa gereja yang ada di seputaran kota Toboali dapat kami pastikan gedung gereja dan seputaran gereja dalam keadaan aman dan steril tidak ada barang-barang ataupun hal yang mencurigakan,” kata Iptu Perdana kepada wartawan usai melakukan pengecekan di beberapa gereja, Kamis 1 April 2021.

Ia menuturkan, secara keseluruhan gereja yang ada di Bangka Selatan berdasarkan laporan dari Polsek-Polsek juga bahwa seluruh gereja siap mengadakan kegiatan Jumat Agung dan Paskah, dan aman, steril dan tidak ada gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam pengamanan nanti, sesuai dengan surat perintah dari Kapolres bahwa akan ada 81 personel yang dilibatkan untuk melakukan pengamanan di 18 gereja yang akan melakukan ibadah Jumat Agung dan paskah yang akan dimulai pada Malam ini sampai dengan Minggu,” ujar dia.

Iptu Perdana mengungkapkan, disetiap Gereja akan ditempatkan empat sampai lima orang personel yang akan bertugas melakukan pengamanan. Selain itu, pihaknya  juga sudah 

Ia menyebutkan, sesuai dengan surat perintah dikeluarkan oleh Kapolres perintah melibatkan sekitar 81 personel yang akan melakukan pengamanan di 18 gereja yang menyiapkan tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) sebanyak 11 orang untuk melaksanakan kegiatan patroli pada saat kegiatan ibadah berlangsung.

“Untuk pengamanan akan mengedepankan pola pengamanan yang humanis, tetap kita akan memeriksa setiap pengunjung atau jemaat yang masuk baik itu yang berkendaraan roda dua, roda empat maupun yang berjalan kaki semua kita lakukan pemeriksaan secara ketat,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Badan Kerjasama Antar Lembaga (BKSAG) Bangka Selatan, Pendeta Selamet Yunianto mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian khususnya Polres Bangka Selatan yang sangat sigap dalam menanggapi isu-isu yang terkini dalam hal pengamanan gereja-gereja di Bangka Selatan.

“Kami sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan pihak kepolisian. Kami merasa aman ada di dalam perlindungan Polres Bangka Selatan. Dan sampai saat ini kondisi masih sangat aman,” ujar dia.

Ia menghimbau kepada seluruh gereja yang tergabung di dalam BKSAG se-Bangka Selatan untuk tetap melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah yang akan dilaksanakan pada nanti malam sampai dengan Minggu.

“Tetaplah beribadah dan datang ke rumah ibadah, ikuti protokol kesehatan yang ada. Kita dilindungi dan kita diberi keamanan oleh kepolisian yang sangat sigap dalam menangani hal-hal pengamanan dalam ibadah,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button