BANGKA BARATNEWS

Idamkan Predikat KLA, Bangka Barat Fokus Kesehatan Dasar dan Pendidikan Anak

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bangka Barat, Rozali mengatakan, kesehatan dasar, pendidikan dan perekonomian akan menjadi fokus perhatian pada rangka verifikasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021 oleh Kementerian PPPA nanti.

“Wajib belajar dua belas tahun kita sudah ada Perda, kemudian bagaimana masalah stunting di Bangka Barat ini bisa menurun,” kata Rozali menjelaskan apa yang menjadi fokus perhatian Pemkab Babar, Senin, 12 April 2021.

Rozali juga menyatakan akan bermitra dengan pelaku usaha dan pelaku industri untuk membangun fasilitas bermain dan kreatif ramah anak yang juga menjadi salah satu indikator penilaian verifikasi KLA nanti.

Dia menjelaskan, usia anak-anak yang sampai dengan sembilan belas tahun ini butuh untuk menyalurkan minat dan bakat serta rasa ingin tahu. Maka, untuk membangun hal tersebut ada tiga pilar, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat.

“Pemerintah keterbatasan anggaran, maka strategi kita bekerjasama dengan pihak swasta seperti BUMN atau swasta lainnya, mereka kita ajak untuk memfasilitasi area bermain anak-anak di kecamatan atau desa, melalui dana CSR,” katanya.

Dia berharap, Bangka Barat mampu mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak di tingkat Madya meskipun saat ini secara penilaian sendiri (self asessment) memiliki nilai sebesar delapan ratus poin yang setara dengan tingkat Nindya.

Untuk diketahui, tingkatan Kabupaten Layak Anak dari yang terendah sampai tertinggi adalah Pratama, Madya, Nindya dan Utama. Saat ini Bangka Barat belum memiliki predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat apa pun.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button