BANGKA BARATLENSA POLITIKNEWS

Erzaldi Wacanakan Pemindahan Kampung Ulu untuk Atasi Banjir di Muntok

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Untuk memaksimalkan pembangunan kolam retensi guna pengentasan masalah banjir di Kecamatan Muntok, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mempunyai wacana untuk memindahkan atau merelokasikan masyarakat Kampung Ulu yang tinggal di sekitar areal aliran sungai.

Untuk itu, Gubernur Erzaldi meminta dukungan masyarakat Muntok dan sekitarnya terkait wacana tersebut terkhususnya warga kampung Ulu.

“Terlebih Kampung Ulu yang di bawah kemarin, sebetulnya kampung ulu itu kalau bisa kita pindahkan, sebetulnya, kita bikin lagi kolam retensi, kita atur sedemikian rupa, yang pasti rumah-rumah tersebut harus berada di atas level (ketinggian,-red) kolam, kalau masih seperti sekarang, minimal surutnya lebih cepat ketimbang beberapa tahun yang lalu,” kata Erzaldi, Jumat, 9 April 2021.

Tapi, menurut penilaian Erzaldi masyarakat Kampung Ulu tampak masih nyaman dan tetap ingin tinggal di sekitar area aliran sungai. Erzaldi mengaku tidak apa-apa jika memang keinginan masyarakat Kampung Ulu seperti demikian, sebab hal tersebut sebuah pilihan.

“Kami tetap berupaya, misalnya kawan-kawan Kampung Ulu yang ada sekitar tiga puluh unit rumah itu bisa kita relokasikan kenapa tidak? Ini bisa membuat bapak ibu menjadi lebih nyaman, dari yang tidak teratur kita atur sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa menikmatinya lebih baik,” katanya.

Erzaldi berharap, Kabupaten Bangka Barat bisa menyiapkan budget untuk menghitung appraisal lahan yang akan dibebaskan sebagai ganti rugi kepada masyarakat nanti. Pembebasan lahan ini dikatakan oleh Erzaldi bisa dilakukan di tahun 2022 sekaligus bersamaan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan dana untuk pembangunannya.

Kemudian Bupati Bangka Barat terpilih, Haji Sukirman turut mendukung apa yang menjadi wacana Gubernur Erzaldi terhadap program pengentasan masalah Banjir di Kecamatan Muntok.

“Kita kan sama-sama dari Kampung Ulu, jadi la sama-sama tahu, yang penting niat baik Gubernur ni jangan kita sia-siakan, sampaikan kepada masyarakat jangan pikirkan lagi apa isi di dalamnya, yang penting jangan lagi banjir, warna air nya tidak kuning lagi, apa lagi di situ kita ada dana untuk merelokasi, berapa segernya?” ujar Haji Sukirman.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button