BANGKANEWS

Berawal Gubuk Reyot, Partai Golkar Wujudkan Rumah Baru Bagi Mbah Mujiyati

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Mbah Mujiyati, mulai tersenyum lega. Kediamannya yang sekitar tiga pekan lalu masih berbentuk gubuk reyot tak layak huni, kini sudah menjadi rumah sepenuhnya. Tinggal beberapa polesan akhir yang dipastikan akan sempurna, sebelum hari lebaran yang ia tunggu tiba.

Awalnya, bertahun-tahun, Mbah Mujiyati, hanya menempati bangunan reyot beratap terpal plastik yang bocor di sana-sini itu. Bangunan itu menjadi tempat tinggal dan otomatis jadi alamat domisilinya di kartu kependudukan. Tepatnya di Jalan Rawabangun RT 01, Lingkungan Yos Sudarso, Sungailiat, Bangka.

Melihat ada kediaman yang tak layak huni itu, Kepala Lingkungan Yos Sudarso, Akhiong tak tega. Berharap Mbah Mujiyati yang bersumber penghasilan hanya dari berjualan nasi uduk di Pasar Sungailiat, untuk memperbaiki rumah menjadi layak huni, hampir dipastikan tak bisa. Dia lantas mencari cara untuk membantu.

Nasib baik pun berpihak. Bantuan tiba. Terutama dari urunan Partai Golkar yang dimotori Anggota DPRD Babel Firmansyah Levi dan dibantu pula oleh Anggota DPR RI Bambang Patijaya. Keduanya pun berkunjung ke kediaman Mbah Mulyati, di akhir Maret 2021 lalu, saat pembangunan rumah layak huni itu dimulai.

Berselang tiga pekan dari sejak mulai dibangun, rumah bagi Mbah Mujiyati mulai menampakkan bentuknya. Sudah dicat warna hijau, rumah itu pun sudah terlihat rapi.

Dalam rangka reses, Rabu pagi, 21 April 2021, Bambang Patijaya kembali menyempatkan hadir melihat perkembangan rumah baru bagi Mbah Mujiyati itu. Ia kembali ditemani Anggota DPRD Babel Firmansyah Levi; Kepala Lingkungan Yos Sudarso, Akhiong; serta dua warga lainnya Akhin dan Rato.

“Dalam reses ini, saya meninjau rumah Mbah Mujiyati yang mulai direhab akhir maret 2021 sudah hampir selesai, sudah 90 persen. Tinggal plester dinding ruangan bagian dalam saja,” ujar Bambang Patijaya, Rabu, 21 April 2021.

Diperkirakannya, dalam tiga hari ke depan, proses rehab rumah Mbah Mujiyati sudah selesai sepenuhnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih pada beberapa donatur yang ikut urunan dalam membantu rehab rumah Mbah Mujiyati,” ujar Bambang Patijaya.

Kembali dikunjungi oleh Anggota DPR RI asal Dapil Bangka Belitung itu, Mbah Mujiyati nampak senang. Harapannya berlebaran dengan rumah baru, telah terwujud.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button