BELITUNGLENSA KRIMINALNEWS

Bareskrim Turun Langsung Amankan Tambang Ilegal di Belitung, Barang Bukti Dibawa ke Mabes Polri

Lensabangkabelitung. com, Belitung – Sebanyak 4 alat berat berupa excavator merek Hitachi dan 11 mesin tambang diamankan Subdit V Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dit Tipidter) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Markas Besar Kepolisian RI, Jumat, 23 April 2021.

Kegiatan pengamanan oleh kepolisian tersebut penindakan atas adanya kegiatan penambangan ilegal yang beroperasi di sekitar Hutan Lindung (HL) Dusun Air Buntar, Desa Membalong, Kecamatan Membalong, Belitung.

Informasi yang berhasil dihimpun, selain pengamanan alat operasional penambang, kepolisian juga turut membawa lima belas orang penambang untuk dimintai keterangan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Belitung, Ajun Komisaris Chandra Satria Pradana membenarkan adanya kegiatan penertiban dari pihak Mabes Polri tersebut, Namun dilanjutkan dia, Polres Belitung hanya sebagai membantu serta memfasilitasi penertiban.

“Proses penyelidikan dan penyidikannya, termasuk penetapan tersangka itu semua kembali ke Bareskrim, ” ujar Chandra ke wartawan, Minggu sore, 25 April 2021.

Ditambahkan Kasat Reskrim, terhadap lima belas orang penambang yang sebelumnya juga ikut diamankan saat ini baru berstatus untuk dimintai keterangan awal untuk selanjutnya menunggu proses pihak Bareskrim.

“Belum ada yang ditahan, proses lebih lanjut langsung dari Bareskrim. Kalau barang bukti timah ada yang dibawa untuk sampel,” ujar Chandra.

Lebih lanjut Chandra mengatakan, dia pun tak mengetahui ihwal pihak Mabes Polri terjun langsung untuk melakukan penertiban tersebut.

“Kami tahu setelah tim tiba di Belitung, itu pun mereka (Bareskrim–red) sudah beberapa hari di Belitung. Karena memang ada penindakan,” ujar dia.

Kasus penertiban tambang ilegal di Belitung ini selanjutnya menunggu Subdit V Dit Tipidter Bareskrim untuk prosesnya. Sampel pasir timah yang menjadi barang bukti dari kegiatan tambang ilegal tersebut sudah diangkut pihak Bareskrim menuju Mabes Polri.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button