BANGKA BARATNEWS

Bangun Kolam Retensi Muntok, Erzaldi: Tetap Ada Banjir, Tapi Potensi Berkurang

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyatakan pembangunan kolam retensi untuk mengentaskan masalah banjir di Kecamatan Muntok akan dimulai tahun 2021 ini. Dia juga mengatakan, dengan adanya kolam retensi ini banjir di Kecamatan Muntok bukan berarti hilang tidak ada lagi, tapi potensinya berkurang.

“Kita berharap 2022 di akhir masa jabatan periode pertama kami, InsyaAllah Mentok ini bisa terkurangi potensi baniirnya, bukan tidak ada banjir, tetap ada banjir, tapi potensi banjir terkurangi,” kata Erzaldi, Jumat, 9 April 2021 saat peresmian simbolis pembangunan kolam retensi.

Kolam retensi dengan menggunakan Sistem Panel Serbaguna (SPS) ini disebut Erzaldi sebenarnya sudah lama direncanakan, tapi terkendala ada koordinasi dan hal-hal lain yang belum mantap, maka tahun 2021 ini baru bisa dimulai pembangunannya.

Erzaldi menjelaskan, pembangunan kolam retensi ini merupakan lanjutan kegiatan pengentasan banjir yang sebelumnya sudah diadakan pembangunan check dam di Bukit Menumbing.

“Jika ini semua sudah selesai semua, baru kita melakukan pengerukan hilir atau muara laut yang sementara ini semakin dangkal,” katanya.

Penulis: Sepri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button