NEWSPANGKALPINANG

ASN Kota Pangkalpinang Ikuti Sosialisasi Bahasa dan Hukum dari Kantor Bahasa

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam membuka kegiatan Sosialisasi Bahasa dan Hukum yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Bangka Belitung.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Cordela pada Kamis, 29 April 2021, Radmida mengatakan dalam sambutanya, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa itu disambut baik oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, dan penggunaan Bahasa Indonesia harus dibenahi untuk digunakan dalam produk hukum.

“Memang perlu dibenahi Bahasa Indonesia yang benar untuk produk hukum yang ada di pemerintahan,” ujarnya.

Radmida yang selama ini melihat bahwa penggunaan bahasa di pemerintahan belum sepenuhnya benar, masih terdapat keliruan yang bisa berakibat fatal.

“Selama ini yang diterapkan belum sepenuhnya benar, dan hari ini akan disampaikan oleh narasumber bagaimana menggunakan bahasa yang benar dan baik itu,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Kota Pangkalpinang berharap bagi ASN yang mengikuti kegiatan tersebut bisa menghasilkan produk hukum yang baik dan bisa menjadi contoh untuk yang lainnya.

“Kita berharap juga produk hukum itu hasilnya baik dan tidak menjadi multi tafsir bagi yang membacanya dan mereka yang mengikuti bisa menjadi contoh yang benar untuk yang lainya” ujarnya.

Kepala Kantor Bahasa Babel, Yani Paryono mengatakan tujuan dilaksanakanya kegiatan sosialisasi bahasa ini guna para peserta yang mengikutinya bisa mengacu pada kaidah Bahasa Indonesia.

“Salah satu tujuanya agar penggunaan Bahasa Indonesia oleh Aparat Sipil Negara termasuk TNI dan Polri itu tetap mengacu pada kaidah Bahasa Indonesia yang benar,” ujar Yani.

Tercatat, ada sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Yani menyebutkan peserta dipilih oleh Kantor Bahasa yang memiliki kaitannya dengan penggunaan bahasa di ruang dan badan publik.

“Peserta yang ada di sini kami yang memilih, mereka yang kami pilih itu berkaitan dengan informasi dan komunikasi, biro hukum, dan terkait dengan penggunaan bahasa di ruang publik dan badan publik,” ujar Yani Paryono.

Penulis: Louis B.Y | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button