BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Ujian Akhir SD Bangka Selatan Dilaksanakan Bulan April

Lensabangkabelitung.com, Toboali–  Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Firman memgatakan, pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) Tingkat Sekolah Dasar (SD) dijadwalkan akan dilangsungkan pada minggu ke empat April 2021 mendatang.

“Pelaksanaan UAS tingkat SD akan dilakukan pada minggu ke empat di bulan April. Namun untuk teknis pelaksanaan ujiannya kita belum menerima petunjuk, tapi tetap berbasis kertas,” kata Firman kepada wartawan, Selasa 23 Maret 2021.

Ia menuturkan, jika UAS yang digelar bukanlah sebagai penentu kelulusan siswa namun ada penentu lainnya. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 maka ujian nasional (UN) ditiadakan.

“Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 1 tahun 2021, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan,” ujar dia.

Firman mengungkapkan, saat pihaknya belum menerima teknis pelaksanaan ujian akhir sekolah dan juga pembentukan kelulusan siswa. Untuk itu, ia berharap dalam waktu dekat juknis tersebut sudah ada.

“Pelaksanaan ujian yang dilakukan akan tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19, sehingga ujian dilakukan dengan aman dan nyaman,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button