LENSA POLITIKNEWS

Sempat Terkendala Tatib, Kini DPRD Babel Dapat Sosialisasikan Perda pada Masyarakat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Seluruh Anggota DPRD Bangka Belitung sepakat mengesahkan Peraturan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung No 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib (Tatib) melalui sidang paripurna yang dihadiri 29 orang anggota DPRD secara langsung dan tiga orang melalui teleconference.

“Paripurna hari ini mengakomodir ada beberapa kegiatan DPRD yang sebelumnya itu tidak termaktub dalam tatib yang lama, ambil contoh tentang kegiatan penyampain peraturan daerah kepada masyarakat,” kata Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi kepada wartawan, di Kantor DPRD Babel, Selasa, 22 Maret 2021.

Peraturan DPRD ini telah diubah sebanyak tiga kali, dan untuk kali ini seluruh anggota dewan bersepakat mencantumkan poin sosialiasi perda pada salah satu pasal dalam tata tertib dimaksud.

“Di tatib sebelumnya nomenklatur (penyampaian perda kepada masyarakat) itu tidak ada sehingga kawan-kawan DPRD tidak bisa melakukan itu. Tetapi dengan telah dimasukkannya nomneklatur dalam salahsatu pasalnya penyampain perda kepada masyarakat, sekarang susah dijalankan,” ujarnya.

Sehingga, sebelum disahkannya tatib dewan tersebut, ketika salah satu anggota dewan melakukan sosialisasi atau penyampain perda masyarakat maka dianggap ilegal atau melanggar tatib dewan, namun setelah disahkan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2008 tentang Tata Tertib tersebut, pimpindan bersama anggota dewan dapat menyampaikan perda kepada masyarakat secara legal.

“Kita hanya ngambil domain kita saja yaitu penyampain perda kepada masyarakat, bahasa kerennya sosialiasi perda atau sosper, tetapi dalam peraturan undang- undang tidak ada sosper tetapi bahasanya penyampain perda kepada masyarakat,” tuturnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button