LENSA POLITIKNEWS

Seluruh Anggota DPRD Bangka Belitung Turun Gunung Sosialisasikan Perda AKB

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Seluruh anggota DPRD Bangka Belitung dan pimpinannya sejak beberap hari belakangan, gencar melaksanakan kegiatan penyebaran peraturan daerah provinsi bangka belitung kepada masyarakat. Terutama setelah disahkannya Peraturan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung No 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib (Tatib).

Kegiatan penyebarluasan perda kepada masyarakat itu atau sosialisasi perda, berlangsung selama empat hari, dibagi perdua hari terhitung sejak Kamis – Jumat, 25 – 26 Maret 2021 hingga Sabtu – Minggu, 27 – 28 Maret 2021. Untuk itu, hampir dipastikan setiap anggota DPRD Babel kembali ke daerah pemilihan masing-masing.

Adapun perda yang telah disosialisikan kepada masyarakat yakni notabennya Perda No 10 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi beserta Wakil Ketua Komisi IV DPRD Babel, Dede Purnama Alzulami dan Anggota Komisi II DPRD Babel, Warkamni.

“Intinya dibentuknya perda untuk melindungi kita agar tetap bisa beraktivitas, disiplin dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan ekonomi tetap berjalan,” terang Amri, Sabtu, 27 Maret 2021.

“Diantara tujuan perda ini ialah, memperkuat upaya penanganan kesehatan akibat covid-19,” tambahnya lagi.

Ke depannya, Amri mengatakan di samping masyarakat telah menunaikan kewajiban dan haknya, pemerintah juga harus memikirkan bagaimana fasilitas atau perlindunga medis. Sebagai contoh, masker medis dapat difasilitasi secara gratis oleh pemerintah ataupun harga terjangkau.

Lebib lanjut, Amri mengharapkan masyarakat tidak terbeban dengan perda itu, sanksi yang dimuatkan memiliki mekanisme dan tidak semata – semata memberlakukan sanksi denda. Setiap pelanggar protokol kesehatan akan diberikan pemahaman secara humanis.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button