NEWS

PON Sudah Dekat Tapi Persiapan Babel Amburadul, Kadispora: Bola Panas di KONI

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Ketidakjelasan anggaran untuk keikutsertaan atlet Bangka Belitung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sampai saat ini belum juga terselesaikan. Padahal pelaksanaan PON Papua tidak lama lagi akan digelar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangka Belitung Suharto mengatakan pihaknya mendorong KONI untuk segera audiensi dengan gubernur untuk duduk bersama menyelesaikan kepastian soal anggaran PON.

“Kami sudah sampaikan ke KONI untuk segera audiensi dengan gubernur. Jadi tergantung KONI-nya. Kami menunggu hasil audiensi dan berapa dana yang disetujui gubernur baru kami bisa proses,” ujar dia.

Menurut Suharto, dia secara pribadi sudah menyampaikan ke gubernur agar kebutuhan KONI dapat segera ditindaklanjuti karena atlet sedang mempersiapkan diri masing-masing.

“PON sudah dekat. Saran kami segeralah KONI bertemu gubernur. Kalau kami dibutuhkan untuk bicara, kami akan mendampingi. Saya juga sudah menyampaikan secara lisan ke Ketua KONI. Jadi bola panas tidak di saya karena saya sudah menyampaikan ke masing-masing pihak. Dalam rapat pun kami sampaikan agar hibah KONI jangan disamakan dengan hibah lain karena untuk persiapan atlet menuju PON Papua sehingga harus dikhususkan. Sekarang tinggal dari bawahlah (KONI) seharusnya,” ujar dia.

Suharto menuturkan seharusnya pihak KONI aktif untuk mengupayakan bertemu dengan gubernur untuk menyampaikan program-program untuk persiapan PON termasuk juga soal anggaran yang dibutuhkan.

“Kalau seperti ini kita ikut repot juga jadinya. Kasihan atlet yang sudah latihan. Apa yang menjadi porsi kami sudah dilakukan, termasuk juga berkoordinasi dengan Bakuda dan Bappeda terkait anggaran PON. Semuanya mengatakan kita sedang refocusing. Jadi tergantung gubernur berapa anggaran yang disetujui untuk PON. Cuma KONI Babel audiensi dululah dengan gubernur,” ujar dia.

Ketua KONI Bangka Belitung Elfandi masih diupayakan konfirmasinya oleh Lensabangkabelitung.com. Upaya konfirmasi melalui dua nomor telepon handphone miliknya terdengar nada tidak aktif. Begitu pula dengan upaya konfirmasi melalui pesan WhatsApp masih centang satu.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button