BANGKANEWS

Pemuda Petaling Manfaatkan Hari Ruwah Kubur untuk Menekan Kenakalan Remaja

Lensabangkabelitung.com, Mendo Barat – Dua minggu menjelang bulan suci ramadhan. Pemuda Petaling dan Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka tergabung dalam Organisasi Karang Taruna, Ikatan Remaja Masjid Petaling dan Irmas Al Istiqomah mengadakan bakti sosial di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Petaling.

Dalam kesempatan itu turut dihadiri Kepala Desa Petaling Banjar, Mahrob. Tidak ingin tertinggal kesempatan, yang disebutnya hari ruwah atau hari penyambutan bulan suci Ramadhan, para pemuda itu pun membersihkan sekeliling makam di TPU Petaling.

“Kegiatan ini selain bersih-bersih kubur juga berguna untuk menyatukan solidaritas dari tiga organisasi tersebut, dan lewat kegiatan ini juga positif berguna untuk menekan kenakalan remaja” kata Ketua Irmas Petaling, Maskur saar ditemui di TPU Petaling Banjar, Selasa, 30 Maret 2021.

Ruwah Kubur atau hari yang selalu dimanfaatkan masyarakat Bangka Belitung untuk membersih area pemakaman yang dianggap keluarga atau sanak keluarga yang telah meninggal dunia tepatnya di hari Nisfu Sya’ban di 16 Syakban 1442 Hijriyah.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Desa Petalin Banjar, Mahrob sangat mengapresiasi kegiatan positif yang digaungkan ketiga organisasi pemuda itu. Terutama, dalam hal penekanan kenakalan remaja.

“Kita sangat mendukung dari pemuda-pemuda ini, tetap kompak yang ada dari dua desa itu. Tidak ada lagi hal-hal negatif yang tersebar, itu harapan kita semua,” tuturnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button