NEWS

Masuk DPO, Pemilik Tambang Timah Ilegal di Hutan Produksi Keretak Diburu Polisi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bangka Tengah memburu J yang diduga sebagai pemilik tambang timah yang beroperasi secara ilegal di Aliran Sungai Desa Keretak Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Satuan Reskrim Polres Bangka Tengah Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rais Muin mengatakan pihaknya saat ini sudah menetapkan J masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Untuk pelaku J saat ini sedang dalam pengejaran. Statusnya sudah masuk DPO,” ujar Rais kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 2 Maret 2021.

Selain memburu J, Rais menuturkan pihaknya juga berhasil mengamankan satu orang terduga pemilik tambang ilegal berinisial IS warga Desa Keretak pada Minggu, 28 Februari 2021. Baik J dan IS, kata dia, diduga telah melakukan tindak pidana penambangan ilegal di kawasan terlarang.

“Keduanya melakukan penambangan di lokasi yang masih masuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP),” ujar dia.

Rais menambahkan saat ini IS sudah ditahan di Mapolres Bangka Tengah dengan persangkaan melakukan penambangan tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang termuat dalam Pasal 158 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batubara (Minerba).

“Kita juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti atas perkara IS yang saat ini barang bukti tersebut sudah di Mapolres Bangka Tengah,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button