BANGKA SELATANLENSA DAERAHNEWS

Ini Pemenang Lomba Menulis Cerita Rakyat tingkat SLTP se-Bangka Selatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Selatan bersama Kelompok Kerja (Pokja) resmi mengumumkan pemenang lomba menulis cerita rakyat tingkat SLTP se-Bangka Selatan. Lomba menulis cerita rakyat merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Aldora Saliza Sabila, siswi SMP Negeri 2 Pulau Besar berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Menulis Cerita Rakyat tingkat SLTP Basel yang digelar PWI bersama Pokja Jurnalis bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Basel. Aldora menulis cerita rakyat yang berjudul Mercusuar Pulau Besar.

Sementara, Juara kedua direbut oleh Ratu Tiara Ningsih, siswa kelas 8 A SMPN 2 Simpang Rimba. Tulisannya yang berjudul Sejarah Batu Engkang dinyatakan Dewan Juri dari PWI/ Pokja (Juri I), Rusmin Penulis Buku (Juri II) dan Supratman, Guru dan Penulis Buku (Juri III) meraih nilai di posisi dua.

Sedangkan juara ketiga adalah Affany Asyahlan, siswa kelas VIII SMPN 5 Airgegas. Pada lomba menulis cerita rakyat ini, PWI dan Pokja Jurnalis telah menetapkan 6 siswa pemenang terbaik dan 4 siswa pemenang harapan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi mengatakan, lomba cerita rakyat tingkat SLTP se-Kabupaten Bangka Selatan yang diselenggarakan oleh PWI dan Pokja dapat menjadi motivasi sekolah untuk meningkatkan gerakan literasi di sekolah.

“Alhamdulillah, kami melihat karya tulisan siswa, cerita rakyat Basel luar biasa menarik. Basel kaya akan cerita rakyat dan legenda. Hasil karya ini menjadi motivasi sekolah untuk terus meningkatkan Gerakan literasi. Dan tentunya karya-karya ini yang dapat menjadi media promosi wisata ke daerah,” kata Sumadi kepada wartawan Senin, 22 Maret 2021.

Ia berharap, para siswa agar tekun menulis hingga menelurkan karya menjadi sebuah buku. Untuk itu, diminta untuk tidak berhenti menulis dan terus mengasah kemampuan dalam menulis menjadi lebih baik.

“Pemkab Basel tentu akan mensuport setiap siswa yang berprestasi, jangan berhenti menulis sampai di sini saja, terus dilatih diasah hingga menghasilkan karya-karya yang besar, serta menjadikan motivasi gerakan literasi sekolah,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua PWI Basel, Dedy Irawan mengapresiasi 27 tulisan cerita rakyat Bangka Selatan yang masuk ke panitia PWI dan Pokja Basel. Dari 27 karya tulis yang dikirimkan, terdapat 10 karya tulis yang dipilih oleh panitia sebagai pemenang.

“Karyanya bagus-bagus semua. Basel punya cerita rakyat, legenda yang menarik dan dapat menjadi media promosi daerah. Kita harapkan nantinya para tulisan para pemenang ini dapat disupport Dindikbud dan Dinas Arsip agar dapat dibukukan. Selain itu, cerita rakyat mungkin Dispora Basel dapat membuatkan film pendek sebagai media promosi wisata daerah,” ujar dia.

Berikut ini pemenang lomba menulis cerita rakyat Tingkat SLTP se-Bangka Selatan :

A. Juara Tulisan Terbaik

1. Juara I Aldora Sallza Sabila 

SMPN 2 Pulau Besar, 

Judul Mercusuar Pulau Besar

Hadiah Bonus Rp 1.000.000,- Tropi dan Piagam

2. Juara II 

Ratu Tiara Ningsih Kelas 8 A SMPN 2 Simpang Rimba 

Judul Sejarah Batu Engkang

Hadiah Bonus Rp 750.000,- Tropi dan Piagam

3. Juara III 

Affany Asyahlan 

Kelas VIII 2 SMPN 5 Airgegas, 

Judul Kampung Serdang Dengan Bebala Dan Betilurnya

Hadiah Bonus Rp 500.000,- Tropi dan Piagam

4. Juara IV 

Zika Ramadani

Kelas VIII D, SMPN 1 Simpang Rimba

Judul Legenda Batu Bukit Kepale

Hadiah Bonus Rp 300.000,- Tropi dan Piagam

5. Juara V 

Hafizh Ahmad

SMP Muhamadiyah Toboali

Judul Asal Mula Desa Tanjung Labu

Hadiah Bonus Rp 200.000, Tropi dan Piagam

6. Juara VI

Indang Kurniasih

Kelas VIII B, SMPN 2 Pulau Besar

Judul Asal Usul Sungai Ulim

Hadiah Bonus Rp 100.000,- Tropi dan Piagam.

B. Juara Harapan

7. Juara VII

Sari Andini

Kelas VIII B, SMPN 1 Toboali

Judul Bujang Antan

Hadiah Bonus Rp 50.000,- dan Piagam

8. Juara VII 

Zakia Alia

SMP IT Permis Simpang Rimba

Judul Misteri Aik Anget

Hadiah Bonus Rp 50.000,- dan Piagam

9. Juara IX

Dian Ananda

Kelas 8 B SMPN 7 Toboali

Asal Mula Perigi Batu Tanjung Labun

Hadiah Bonus Rp 50.000,- dan Piagam

10. Juara X 

Mutiara Mareta

Kelas VIII A, SMPN 2 Airgegas

Asal Mula Air Panas Desa Nyelanding

Hadiah Bonus Rp 50.000,- dan Piagam

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button