LENSA POLITIKNEWS

Hinca Panjaitan Minta Demokrat Babel Bikin Laporan Pengaduan HAKI Simbol Partai

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta DPD Demokrat Bangka Belitung segera membuat laporan pengaduan ke polisi terkait Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) simbol-simbol dan atribut.

Hinca mengatakan simbol kehormatan dan kedaulatan Demokrat salah satunya ada pada atribut seperti logo bintang mercy dan bendera. Untuk itu dia meminta kadernya di Bangka Belitung wajib menjaga simbol Partai Demokrat.

“Menurut undang-undang merek dan indikasi geografis diatur bahwa barang siapa yang menggunakan merek tanpa izin diancam pidana 5 tahun penjara atau pidana denda Rp 2 miliar. Kita sudah memiliki HAKI atas simbol-simbol dan atribut partai yang sudah disampaikan sejak saya masih menjabat posisi sekjen dulu,” ujar Hinca kepada wartawan di Kantor DPD Partai Demokrat Bangka Belitung, Senin, 15 Maret 2021.

Hinca menuturkan laporan pengaduan ke polisi adalah untuk menegaskan bahwa penggunaan simbol dan atribut Partai Demokrat adalah partai Demokrat dengan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan kantor di Jalan Proklamasi Menteng Jakarta Pusat.

“Oleh karena itu dari Polda Babel untuk memaklumi ini dan menerima DPD pada waktu yang ditentukan untuk menyampaikan pengaduannya. Setelah laporan disampaikan, kunci orang-orang tertentu yang menggunakan atribut Demokrat secara tidak sah dan tanpa izin. Itu adalah pelanggaran hukum. Karena itu kepolisian sebagai penegak hukum harus turun tangan menghentikan itu,” ujar dia.

Ditambahkan Hinca, dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/RT) Partai Demokrat, simbol partai termasuk logo, tulisan dan bendera. Dalam Undang-undang HAKI, kata dia, pencantuman simbol baik secara penuh dan utuh maupun agak mirip atau sebagian, adalah bagian dari pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button