LENSA KRIMINALNEWS

Dibajak, Nomor WhatsApp Kapolsek Kelapa Digunakan untuk Penipuan Uang

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Nomor WhatsApp Kapolsek Kelapa, IPTU AF Pulungan yang dibajak, digunakan oleh pelaku untuk melakukan penipuan untuk memperoleh uang. Iptu AF Pulungan mengaku baru mengetahui bahwa akun WhatsApp telah dibajak setelah menerima telepon dari temannya untuk mengkonfirmasi soal peminjaman uang.

Iptu AF Pulungan mengungkapkan, pelaku yang menggunakan akun WhatsApp tersebut menyamar menjadi dirinya dan menanyakan ke beberapa calon korban apakah ada isi saldo dalam rekening.

“Mulai dibajak kemarin, jam empat sore, kita mulai tahu ketika kawan nelpon, bener dak (mau minjam uang,-red)?” kata Iptu AF Pulungan, Selasa, 2 Maret 2021.

“Dia (pelaku) mengatakan seperti ini, ada saldo dak di nomor rekening, ada apa? tidak, saya ada perlu segera ini mau ngirim transfer ke kawan atau orang tua, bisa pinjam dak nanti saya ganti, baru setelah itu nominal nya lima ratus atau sejuta, modusnya seperti itu,” jelasnya.

Namun, Iptu AF Pulungan mengatakan akun WhatsApp yang dibajak sudah tidak aktif untuk sembilan jam ke depan. Ia sudah melakukan pemulihan akun melalui email support@whatsapp.com agar bisa mendapatkan nomor pin yang baru.

“Kita sudah nonaktifkan itu melalui email support@whatsapp.com, jadi langsung di non-aktifkan selama sembilan jam, nanti ada pin baru yang keluar, jadi bisa kita tarik kembali WhatsApp kita, sementara ini kita pakai nomor handphone baru,” ujar Kapolsek Kelapa tersebut.

“Intinya apabila ada SMS atau wa masuk mengatasnamakan siapa pun, lalu minta screenshot atau minta kirim kembali yang di SMS yang ada angka-angka itu dak usah digubris, tidak usah dipercaya,” imbaunya.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button