NEWS

Anggaran Tidak Jelas, Keikutsertaan Atlet Babel di PON Papua Terancam

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tidak lama lagi akan digelar. Namun hingga saat ini kesiapan keikutsertaan atlet Bangka Belitung dalam event tersebut masih belum jelas karena persoalan anggaran.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangka Belitung Suharto mengatakan dana untuk keikutsertaan di PON Papua sampai saat ini belum diputuskan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Belum ada finalisasi (Dana PON) karena dari KONI sendiri belum menghadap gubernur. Dengan kondisi keuangan seperti ini kita belum tahu berapa besaran biaya yang akan disetujui,” ujar Suharto kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 23 Maret 2021.

Menurut Suharto, usulan dana PON dari KONI Bangka Belitung diprediksi akan berkurang dan belum diketahui berapa jumlah pastinya. Namun dia tidak menampik bahwa pengurangan dana akan mempengaruhi porsi latihan atlet.

“Sebenarnya sangat disayangkan kalau tidak diselesaikan. Pengaruh pengurangan atlet atau cabor yang diikuti bisa saja terjadi dengan kemampuan keuangan kita yang tidak cukup. Dampaknya bahkan mengurangi cabor karena di daerah lain juga seperti itu. Dikurangi biaya kebutuhannya,” ujar dia.

Suharto menuturkan kondisi keuangan yang di-refocusing guna penanganan Covid-19 tersebut membuat ada kemungkinan hanya cabor yang atlitnya berpotensi meraih medali saja yang akan diberangkatkan.

“Tapi kasihan juga dengan atlet yang selama ini sudah latihan dan mempersiapkan diri. Dengan diundurkan PON beberapa waktu lalu, bisa saja cabor yang sebelumnya dinilai tidak mempunyai berpotensi meraih medali dengan latihan serius beberapa bulan terakhir naik levelnya. Itu bisa terjadi,” ujar dia.

Suharto menambahkan pihaknya masih menunggu hasil audiensi KONI Bangka Belitung dengan gubernur terkait berapa besaran anggaran yang disetujui.

“Berapa pun yang disetujui kita tinggal proses. Tapi bagaimana mau proses dari KONI sendiri belum audiensi langsung dengan gubernur untuk menyampaikan laporan program berikut kebutuhan anggaran,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button