NEWS

Bhabinkamtibmas Ikut Berperan Turunkan Kasus Kriminalitas di Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.com, Koba – Jumlah kasus kriminalitas di wilayah hukum Polres Bangka Tengah menunjukkan grafik turun. Bila di tahun 2020 sebanyak 168 kasus, turun menjadi 155 kasus saja di tahun 2021.

“Kita patut bersyukur di wilayah hukum Polres Bateng untuk kasus kriminalitas trennya menurun. Kami terus berupaya menekan hal ini. Sehingga kamtibmas dapat kita wujudkan,” kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Moch Risya Mustario, saat konferensi pers akshir tahun, Jumat, 31 Desember 2021.

Kecenderungan penurunan ini, tak lepas dari peran serta Bhabinkambtibmas yang dihadirkan kepolisian di tiap desa.

“Melalui perpanjangan tangan kami di setiap desa yaitu Bhabinkamtibmas, kami berharap adanya sinergitas antara anggota kami dengan pihak aparat desa/kelurahan serta peran aktif warga di setiap desa untuk menciptakan suasana yang aman, tertib dan kondusif,” tambahnya.

Dia juga mengatakan suasana yang kondusif dapat memicu keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Ia juga berharap, potensi kejahatan dapat diminimalisir dengan deteksi dini. Informasi yang ada terkait gangguan kamtibmas di setiap desa/kelurahan diminta cepat disampaikan kepada pihak desa/kelurahan atau langsung kepada petugas Bhabinkamtibmas.

“Suasana yang kondusif harus tetap dijaga. Saya berharap informasi sekecil apapun yang akan mengancam dan mengganggu ketidakkondusifan keamanan, ketertiban masyarakat. Apalagi hal tersebut mengarah pada tindak kriminalitas. Tolong segera informasikan kepada kami. Agar kami cepat bertindak untuk menanganinya,” ujarnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button