NEWS

21 Polsek di Bangka Belitung Tidak Boleh Lagi Lakukan Penyidikan, Ini Daftarnya

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Keputusan Nomor : Kep/613/III/2021 tertanggal 23 Maret 2021 tentang penunjukan Kepolisian Sektor (Polsek) hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada daerah tertentu atau tidak melakukan penyidikan.

Dalam surat keputusan tersebut, Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri Nomor: B/1092/II/REN.1.3/2021 Tanggal 17 Januari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan Polsek tertentu.

Di Bangka Belitung sendiri total ada 21 Polsek masing-masing dari tujuh Polres yang tidak boleh lagi melakukan penyidikan sesuai dengan surat keputusan Kapolri tersebut.

Untuk Polres Pangkalpinang, Polsek yang dicabut kewenangan melakukan penyidikan adalah Polsek Taman Sari, Polsek Bukit Intan, Polsek Gerunggang dan Polsek Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam.

Di Polres Bangka Barat kewenangan Polsek yang dicabut hanya satu, yakni Polsek Mentok. Untuk Polres Bangka Tengah, ada dua Polsek yakni Polsek Koba dan Polsek Namang. Sedangkan Polres Bangka Selatan hanya satu Polsek, yakni Polsek Toboali.

Untuk Polres Bangka, ada tujuh Polsek yang juga tidak boleh melakukan penyidikan, yakni Polsek Riau Silip, Polsek Sungailiat, Polsek Merawang, Polsek Mendo Barat, Polsek Puding Besar, Polsek Bakam dan Polsek Pemali.

Sedangkan untuk Polres Belitung dan Belitung Timur, daftar Polsek yang dicabut kewenangan penyidikannya adalah Polsek Tanjung Pandan, Polsek Badau, Polsek Sijuk, Polsek Kelapa Kampit, Polsek Dendang dan Polsek Manggar.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button