NEWSPANGKALPINANG

Tunggu Usulan, Jumlah Formasi CPNS 2021 di Kota Pangkalpinang Belum Dapat Diprediksi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang sejauh ini belum mengusulkan formasi terkait usulan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 ke pemerintah pusat.

“Belum, masih ada batas waktu Maret atau Mei ini kita usulkan terakhir dari sini (ke pemerintah pusat),” kata Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, di Pangkalpinang, Rabu 17 Februari 2021.

Adapun mekanisme pengajuan formasi yang akan dibutuhkan, kata Radmida Dawam pihaknya meminta dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) posisi mana saja yang dibutuhkan. Kemudian ditindaklanjuti kepada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD).

“Dari kita sebanyak-banyaknya mengusulkan akan tetapi tidak semua dikabulkan, paling beberapa persen saja untuk diterima sebagai CPNS,” katanya.

Ia mencontohkan, formasi guru di Kota Pangkalpinang selalu berkurang sebab pensiunan guru selalu ada di tiap tahun, tetapi dikarenakan terhambat oleh kewenangan pusat terkait dengan penerimaan CPNS, maka pihaknya mengandalkan Pegawai Harian Lepas (PHL) untuk menutupi kekurangan tersebut.

“Guru misalkan dari sekian pensiunan guru tapi penerimaannya yang sedikit, terkadang formasinya sedikit. Kita harapkan semua diusulkan itu diterima sesuai kebutuhan. Dari kesehatan juga dengan adanya Covid-19 ini kita baru sadar SDM PNS di kesehatan kita kurang,” tuturnya.

Khusus di 2021, tahun ini pihaknya pun belum dapat menentukan apakah terjadi penambahan atau penurunan terkait penerimaan CPNS, namun berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dikatakan Radmida Dawam dari 800 CPNS yang diusulkan hanya 166 CPNS saja yang diterima.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button