NEWS

Sumber Pangan Babel Masih Didominasi Impor dari Luar Daerah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah menyebutkan sumber pangan di Babel masih didominasi impor dari luar, dengan begitu hal tersebut mengisyaratkan Bangka Belitung belum mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

Sebagai gambaran lahan sumber pangan eksisting yakni hanya kisaran 22.42,30 ha sedangkan kebutuhan yang diperlukan yakni 61.731,15 ha.

“Artinya di sini Bangka Belitung hanya bisa menghadirkan 22 persen saja murni hasil pangan domestik, sedangkan 78 persennya impor dari luar daerah Babel,” kata Abdul Fatah di Ruangan Pasir Padi, Kantor Gubernur Bangka Belitung,baru-baru ini.

Menyadari hal di atas, Pemprov Bangka Belitung terus meningkatkan ketahanan pangan tersebut, maka hal utama yang dipikirkan pemerintah daerah ialah menyiapkan cadangan bahan pangan berkelanjutan.

“Guna memiliki kebutuhan atas lahan tersebut kami telah menyiapkan usulan cadangan lahan pangan kepada pemerintah pusat seluas 37.660,500 ha. Terdiri dari areal penggunaan lainnya seluas 17 ribu hektar, dan pengajuan alih fungsi lahan bukan produksi seluas 20 ribu hektar,” terangnya.

Upaya di atas, sambung Fatah, diyakini dapat menjadi jalan keluar khususnya di sektor ketahanan pangan di Bangka Belitung yang selama ini masih menjadi masalah dasar.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button