NEWS

PT Timah Tidak Ada Rencana Bermitra atau Bantu Melegalkan TI Tungau

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Upaya melegalkan aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) timah jenis tungau di Kabupaten Bangka Selatan mulai santer terdengar. Meski sudah sering diperingatkan dan ditertibkan, eksistensi TI Tungau masih berusaha ingin dilakukan.

Namun kali ini, santer isu yang beredar bahwa penambang TI Tungau ingin dilegalkan agar bisa bekerja sesuai aturan seperti Ponton Isap Produksi (PIP) yang bisa bermitra dengan perusahaan tambang timah pelat merah PT Timah Tbk.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) PT Timah Anggi Siahaan mengatakan korporasi tidak dalam posisi mengupayakan ikut melegalisasi TI Tungau.

“Hingga saat ini PT Timah tidak dalam posisi mengupayakan legalisasi (TI Tungau) sebagaimana yang ditanyakan,” ujar Anggi kepada wartawan, Kamis, 11 Februari 2021.

Anggi menuturkan perusahaan sudah menyampaikan laporan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait aktivitas TI Tungau.

“Sebagai pemilik konsesi kita sudah melaporkan ke pihak berwenang dalam hal ini Kementerian ESDM bahwa ada aktivitas penambangan tersebut,” ujar dia.

Dengan telah dilaporkannya aktivitas TI Tungau, Anggi menyebutkan bahwa perusahaan saat ini sedang menunggu arahan lebih lanjut dari kementerian terkait hal itu.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button