NEWSPANGKALPINANG

Laboratorium PCR Pemkot Pangkalpinang Sudah Beroperasi, Maksimal 4 Jam Hasil Sampel Swab Sudah Diketahui

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Perangkat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Pangkalpinang sudah mulai dioperasikan. Memiliki perangkat PCR, akan berguna untuk lebih cepat mendeteksi sampel swab bagi warga Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengatakan pengoperasian perangkat PCR di Labkesda sudah dimulai sejak satu pekan terakhir. Keakuratan hasil pemeriksaannya pun sudah diakui, dengan sudah adanya user id yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Namun, untuk pemeriksaan sampel swab masih dalam jumlah terbatas. “Baru bisa 32 sampel setiap hari, dan akan kita upayakan menghasilkan 96 sampel per hari,” ujar dr Masagus Hakim, Rabu, 23 Februari 2021.

Penambahan kapasitas pemeriksaan, lanjut dr Hakim, tentunya akan mempercepat penanganan sampel swab dan kepastian status sampel yang diperiksa. Apalagi, hasil pemeriksaan sudah dapat diketahui di hari yang sama.

“Dalam waktu 3 hingga 4 jam sudah diketahui hasil swab PCR,” ujar dia.

Di akhir keterangan, tak lupa, dr Hakim kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, agar kasus baru tak bertambah banyak.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button