NEWS

Keterbatasan Anggaran, Pemkot Seleksi Ulang Rencana Pembangunan di Tiap Kecamatan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menyebutkan pihaknya akan menyeleksi dan menginventarisir kembali hasil usulan perencanaan pembangunan di tiap kecamatan yang dihasilkan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Sebelumnya, khusus perencanaan pembangunan di 2022 mendatang, dari sisi pemkot memprioritaskan hanya tiga item terpenting saja di antaranya penanganan kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi, dan penanganan banjir.

“Kecuali hal-hal yang urgen yang mungkin memang dari atas, tapi perencanaan kebutuhan masyarakat, masyarakatlah yang merencanakan,” kata Radmida Dawam kepada wartawan di Kantor Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Rabu, 17 Februari 2021.

Di tengah-tengah keterbatasan anggaran, dikatakan Radmida Dawam bahwa pihaknya tetap mencatat usulan masyarakat melalui Musrenbang itu, namun ia mengingatkan pihaknya tetap menginvetarisir dan dipastikan tidak semua terakomidir di Musrenbang tingkat Kota Pangkalpinang nantinya.

“Dan harapan kita, masuk semua usulan yang diprioritaskan, akan tetapi walaupun banyak yang mengusulkan kita catat dengan baik dan inventarisir dengan baik dan terkadang tidak semua terakomidir dan kemudian nanti kita melihat juga ketersedian anggaran yang ada dan kemudian nanti kita akan inventarisir lagi mana yang paling prioritas yang mana tidak bisa ditunda atau ditinggalkan itulah yang akan disiapkan anggarannya,” ujarnya.

Dari hasil Musrenbang di tiap kecamatan yang telah melaksanakan selama ini, Radmida Dawam mengatakan dari sepuluh perencanaan pembangunan hanya lima program saja yang dikabulkan dikarena pemkot tetap melihat ketersediaan anggaran.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button