NEWS

Kejari Bangka Barat Berharap Sistem Pembayaran Tilang Nontunai Dapat Mencegah Korupsi

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Kejaksaan Negeri Bangka Barat bersama Bank Mandiri bekerjasama menerapkan pembayaran bukti pelanggaran (tilang) lalu lintas dengan sistem cashless atau nontunai. Pembayaran tilang nontunai ini bisa dilakukan oleh penerima tilang dengan cara membayar denda langsung ke rekening pemerintah pusat yang khusus diperuntukkan menghimpun dana tilang.

Kepala Bank Mandiri Cabang Muntok, Novan Fahlevi Effendi berharap dengan kerjasama Cashless dapat lebih memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan publik serta meningkatkan unsur trust atau kepercayaan menjadi semakin baik dari sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat, Helena Oktavianne menjelaskan sesuai peraturan sekarang ini pembayaran tilang secara tunai tidak boleh lagi dilakukan.

“Harus nontunai, kenapa, supaya tidak terjadi lagi penyalahgunaan dan lain sebagainya, terutama tindak pidana korupsi,” kata Helena Oktavianne, Rabu, 24 Februari 2021.

Pembayaran dengan sistem Cashless diinformasikan oleh Helena Oktavianne tidak hanya bisa dilakukan melalui Bank Mandiri, tapi juga via aplikasi pembelanjaan online.

“Kalau dibilang Bank Mandiri, ini adalah Himbara (Himpunan Bank Rakyat) Indonesia, jadi semua bank yang berplat merah itu bisa untuk membayar tilang,” ujar dia.

“Harapannya ada ATM di Kejaksaan Negeri Bangka Barat, sehingga yang memang tidak membawa uang datang ke sini bisa juga melalui ATM, kan non tunai,” demikian Helena Oktavianne.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button