NEWSPANGKALPINANG

Jangan Seperti Pemprov, DPRD Pangkalpinang Ingatkan Pemkot untuk Tidak Melibatkan Pihak Ketiga Sebagai Sumber Keuangan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Ketua DRPD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza menyebutkan bahwa lembaga legislatif Kota Pangkalpinang tidak akan pernah menyetujui bila Pemerintah Kota melibatkan pihak ketiga dijadikan sumber keuangan daerah.

“DPRD tidak pernah mau melakukan itu, selaras dengan apa yang disampaikan kepala daerah bahwa kita belanja menyesuaikan dengan dan pilih berdasarkan kebutuhan,” kata Abang kepada Lensabangkabelitung.com. Rabu, 18 Februari 2021.

Kendati sumber keungan kota pangkalpinang menurun, semisalnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat dan DABA Provinsi Bangka Belitung 2021 menurun, dikatakan Hertza, pemkot dapat mengendorkan pengeluaran dengan meminimalisirkan pembangunan insfrastruktur.

“Pertama, pihak ketiga tidak akan pernah, bahkan tidak ada. Kedua ritmenya kita memberikan stimulan kepada pelaku usaha melalui bantuan sosial,” jelasnya.

“Ya, jangan sampai yang terjadi, karena kalau kita lihat banyak daerah lain yang melakukan pinjaman seperti sama halnya juga provinsi babel, kita tahu bahwa itu bukan skala prioritas bagi kita. Maka tidak perlu kita berkeinginan besar tetapi kemampuan kita kecil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, jika hal itu terjadi maka akan hanya menjadi beban untuk bagi masyarakat Pangkalpinang dan kepemimpinan selanjutnya, untuk itu pemkot juga mengedepankan pembangunan skala prioritas saja ketimbang melibatkan pihak ketiga.

Peringatan disampaikan DPRD Kota ini agar tak menjadi seperti Pemprov Babel. Seperti diketahui,
pelibatan pihak ketiga sebagai sumber pendanaan, telah ditempuh oleh Pemprov Babel dengan berhutang kepada PT SMI.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button