BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

Jabatan Justiar Berakhir Besok, Achmad Ansyori Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Bangka Selatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Masa jabatan Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer priode 2016-2021 akan berakhir pada Rabu 17 Februari 2021 besok. Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Achmad Ansyori ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bangka Selatan.

Achmad Ansyori mengatakan jika dirinya ditugaskan sebagai Plh Bupati untuk mengisi kekosongan sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagaimana surat Direktur Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri  melalui surat Nomor: 120/738 OTDA pada 3 Februari 2021.

“Hari ini, Selasa 16 Februari sudah ada surat pemberitahuan dari Gubernur bahwa Plh Bupati diisi Sekda sesuai dengan surat Direktur OTDA Kemendagri yang mengintruksikan Gubernur untuk menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota sebagai Pelaksana Harian Bupati/Wali Kota untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Wali Kota yang masa jabatannya berakhir bulan Februari 2021,” kata Achmad Ansyori kepada Lensabangkabelitung, Selasa, 16 Februari 2021.

Ia menuturkan, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Basel periode 2016-2021 akan berakhir besok 17 Februari 2021 dan akan dilangsungkan acara pelepasan sekaligus serah terima memori jabatan Bupati ke Plh Bupati. 

“Tugas Plh Bupati sebagaimana tugas Bupati melaksanakan tugas rutin pemerintahan serta mempersiapkan acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Namun Hal hal bersifat teknis harus mendapat persetujuan Kemendagri melaui Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat,” ujar dia. 

Ansyori mengungkapkan, untuk berdasarkan rapat Rapat Koordinasi Kemendagri dengan 270 Pemerintah Daerah Pasca Pilkada 2020 via Zoom Meetings, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih direncanakan akhir bulan Februari 2021.

“Pelantikan Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 dilaksanakan serentak bertahap. Kepala daerah yang berakhir masa jabatan Kepala Daerah-nya 17 Februari akan dilaksanakan pelantikan pada 25 atau 26 Februari 2021. Dan Pelantikan Bupati terpilih dilaksanakan secara virtual untuk menghindari cluster pelantikan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button