NEWSPANGKALPINANG

DPRD Dorong Pemkot Pangkalpinang Fokus Recovery dan Stimulan Pasca Pandemi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Ketua DRPD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza berpendapat untuk pemulihan ekonomi di Kota Pangkalpinang semasa pandemi Covid – 19, pihak Pemerintah Kota dapat melakukan recovery dan stimulan kepada masyarakat.

Recovery dan stimulan dimaksud Abang Hertza ialah bagaimana pemulihan-pemulihan kesehatan masyarakat melalui vaksinasi besar-besaran, adapun dengan stimulan yakni memberikan modal kepada pelaku usaha UMKM dan warga terdampak melalui bantuan sosial yang tidak didapatkan dari pemerintah pusat maka di-cover oleh pemkot pangkalpinang.

“Semua daerah sama memikirkan pemulihan ekonomi, tapi sekarang memang anggaran 2021 Kota Pangkalpinang lebih kepada recovery dan stimulan, artinya bagaimana pemulihan pasca pandemi,” kata Ketua DPRD Kota Pangkalpinang itu kepada Lensabangkabelitung.com,Rabu, 18 Februari 2021.

Melaui vaksinasi ini nanti, DPRD mengharapkan pandemi dapat ditangani, dan apabila telah terlaksana, maka secara positif akan beriringan dengan kenaikan ekonomi.

“Dan pembangunan insfrastruktur akan minim mengingat anggaran yang terbatas, karena persentase banding tahun lalu sangat jauh detailnya ada di Bakuda,” ungkapnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama dijadikan sebagai sumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terpaut jauh menurun, apalagi dikatakan Abang dana transfer pusat seperti Dana Anggaran Khusus (DAK)dan Dana Anggaran Umum (DAU) dan Dana Bantuan (DABA) Provinsi Bangka Belitung untuk Pangkalpinang ikut menurun.

“Nah ini pasti akan berdampak pada daya belanja karena anggaran yang didapatkan (income) menurun otomatis belanja harus kita sesuaikan dengan anggaran yang kita dapatkan,” tuturnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button