NEWS

Diamankan Densus 88, Teroris di Belitung Timur Jaringan JAD dan JAK

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Terduga teroris yang diamankan oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di Dusun Sinar Setiung Desa Lilangan Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur ternyata diduga terlibat serangkaian aksi terorisme di Indonesia.

Kapolda Bangka Belitung Anang Syarif Hidayat mengatakan pelaku yang diamankan berinisial K alias DZ merupakan anggota jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Khilafah (JAK).

“Yang bersangkutan terlibat anggota JAD dan JAK. Pelaku ini disinyalir terlibat dalam beberapa kali aksi terorisme yang dilakukan di Jogya dan beberapa daerah di Jawa Tengah,” ujar Anang kepada wartawan, Senin, 8 Februari 2021.

Atas serangkaian aksi teror itu, kata Anang, pelaku dikejar oleh petugas dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Usai melakukan aksi teror, dia bersembunyi di Belitung Timur. Sudah sejak 2018 berada di sana. Jadi yang bersangkutan bukan orang Belitung Timur tapi Solo, Jawa Tengah,” ujar dia.

Anang menuturkan saat ini tersangka K dan RG teroris yang ditangkap di Pangkalpinang sudah diamankan di Polda dan sedang dilakukan pemeriksaan oleh Densus

“Masa pemeriksaan sesuai dengan Undang-undang adalah tujuh hari. Setelah tujuh hari akan lebih jelas dan lebih clear lagi tentang para tersangka ini. Kita tunggu pemeriksaan dari Densus saja,” ujar dia.

Anang menambahkan terduga teroris K dijerat dengan Pasal 15 Undang-undang nomor 5 tahun 2018 tentang terorisme dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button