BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

Darurat Covid-19 Desa Bencah 45 Orang Positif, Terpapar Warga yang Ikut Kontes Burung

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Sebanyak 45 orang warga Desa Bencah Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, dan saat ini telah dilakukan karantina di tiga tempat yang berbeda.

45 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa itu berasal dari lima Cluster berbeda yakni Cluster Keluarga, Cluster Burung, Cluster Gample, dan Cluster Almarhum pasien Covid-19 berinisial BJG, dan Cluster pemainan Game.

Kepala Desa Bencah, Heri Purnomo mengatakan, Covid-19 di Desa Bencah meluas setelah adanya warga yang mengikuti kontes burung di sebuah wilayah di Pulau Bangka.

“Awal mula kasus ini (Covid-19_red) meluas akibat adanya seorang warga dengan inisial AR yang mengikuti kontes burung. Setelah beberapa hari mengikuti kontes ini, AR ini mengalami gejala hilangnya indra penciuman namun tidak langsung melapor ke puskesmas,” ujar Heri, Jumat 12 Februari 2021.

Ia menuturkan, AR juga pulang ke rumahnya bahkan mengikuti kegiatan gaple yang digelar di Desa Bencah. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab meluasnya kasus positif Covid-18 menjadi meluas.

“Setelah kami paksa untuk melakukan pemeriksaan, ternyata AR ini positif dan keluarganya juga terpapar. Selain keluarga, ternyata dari hasil tracking diketahui sebanyak puluhan warga yang setelah dirapid ternyata menunjukkan positif Covid-19,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk warga Desa Bencah yang mengalami gejala dilarikan ke Wisma Diklat Kabupaten Bangka Selatan, sedangkan warga yang tanpa gejala dikarantina di Posko TPA yang berlokasi di Kawasan Perkantoran Desa Bencah.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19, AKBP Agus Siswanto mengatakan, terkait dengan meluasnya kasus Covid-19 di Desa Bencah, hingga di desa itu harus di naikkan status  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Dalam kasus ini, sebanyak 45 orang sudah terpapar COVID-19. Termasuk dua orang sembuh dan satu orang meninggal dunia sisanya isolasi mandiri, karantina di gedung Diklat Bangka Selatan dan karantina di Desa Bencah. Dengan kasus ini Desa Bencah kita berlakukan PPKM,” ujar Kapolres.

Ia menuturkan, situasi PPKM di desa tersebut sepenuhnya dibawah kendali penuh Polres Bangka Selatan dan bersinergi dengan TNI dan instansi terkait dalam penanganan dan pengendalian COVID-19.

“Kita siapkan mulai dari pengamanan, tenda darurat, dapur umum, logistik seperti velbed atau tempat tidur lipat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button