BANGKA SELATANNEWS

Cek Penerapan PPKM di Desa Bencah, Kapolda: Covid-19 Ada di Mana-mana

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung, Inspektur Jenderal Polisi Anang Syarif Hidayat mengecek penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau PPKM mikro di Desa Bencah Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, Senin 22 Februari 2021.

Kepada wartawan, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, penerapan PPKM mikro di Desa Bencah sudah sesuai dengan yang diharapkan, dimana pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di lakukan karantina agar tidak menyebar kepada masyarakat yang lain.

“Mereka yang positif ini dilakukan karantina dan dilakukan pemeriksaan secara rutin, makan juga disiapkan secara khusus sampai nanti hasil pemeriksaannya betul-betul clear (negatif_red) sehingga bisa kembali beraktivitas seperti biasa,” ujar dia.

Ia menuturkan, tujuan penerapan PPKM untuk membatasi diri agar penularan Covid-19 tidak semakin masif. Dan ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat di Bangka Selatan khususnya di desa Bencah bahwa Covid-19 ada dimana-mana tidak hanya kota besar saja.

“Interaksi kita dengan masyarakat tidak terbatas, kita dengan Bangka Selatan, dengan Pangkalpinang, dengan Sungailiat dan yang lainnya itu satu daratan. Setiap hari kita bisa berinteraksi, bertransportasi dan berkomunikasi, oleh karena itu protokol kesehatan 5M betul-betul dijalankan, terutama menggunakan masker,” ujar dia.

Kapolda mengungkapkan, saat ini sudah ada peraturan daerah (Perda) tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditandatangi oleh Gubernur dan juga sudah disepakati oleh DPRD provinsi dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

“Di dalam Perda ini nantinya ada sanksi denda bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya nanti akan diadakan sidang cepat yang nantinya hakim yang memutuskan berapa hukuman yang diterapkan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan,” ujar dia.

Perlu diketahui jumlah kasus Positif Covid-19 di Desa Bencah Kecamatan Airgegas yakni sebanyak 62 orang yang terdiri dari 17 orang dalam pemantauan, 6 orang Isolasi di Balai Karantina Bangka Selatan, isolasi mandiri 7 orang, 4 orang di karantina Desa Bencah, sembuh 44 orang dan meninggal 1 orang.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button