LENSA KRIMINALNEWS

Bos Timah Ilegal Sujono Baru Saksi, La Ode Cs yang Ditahan Ditreskrimsus

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung menangani dua perkara terkait tambang timah ilegal, yakni kolektor atau penampung timah ilegal Sujono dan empat penambang ilegal di Teluk Kelabat.

Direktur Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Haryo Sugihartono membenarkan bahwa pihaknya sedang menangani perkara tambang ilegal hasil pengungkapan anggotanya di Teluk Kelabat.

“Untuk penanganan kasus yang pertama Jono. Dia sudah kita periksa dengan status saksi,” ujar Haryo kepada Lensabangkabelitung.com, Jumat malam, 19 Februari 2021.

Menurut Haryo, kasus yang menjerat Jono meski masih berstatus saksi masih terus dikembangkan oleh penyidik.

“Karena penjual pasir belum ditemukan kasus masih kita kembangkan,” ujar dia.

Sedangkan untuk kasus yang kedua, kata Haryo, pihaknya sudah menetapkan empat orang tersangka yang berprofesi sebagai penambang dengan modus menyelam.

“Keempat orang tersangka dan kita lakukan penahanan adalah La Ode, Budi, Midi dan La Untu. Sedangkan satu orang tersangka lagi atas nama La Aji sedang dalam pencarian,” ujar dia.

Haryo menambahkan pihaknya sudah menerima 21 orang saksi terkait kedua perkara tersebut yang semuanya bertindak sebagai penambang.

“Sedangkan barang bukti lima unit ponton tambang beserta peralatan dan mesin sudah diamankan dan kita titipkan di Pos Ditpolairud Belinyu,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button