BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Bangka Selatan Belum Masuk Pilot Projects Sertifikat Tanah Elektronik

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan belum melakukan pergantian sertifikat tanah manual atau bentuk fisik menjadi sertifikat elektronik.

Kepala BPN Bangka Selatan Agus Suprapta mengatakan penukaran sertifikat manual atau bentuk fisik menjadi sertifikat elektronik tersebut akan dilakukan secara bertahap dan hanya di wilayah kantor pertanahan yang ditunjuk sebagai pilot projek.

Ia menuturkan, pergantian serfikat bentuk fisik menjadi elektronik akan mulai berlaku pada tahun 2021 sesuai dengan peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 1 Tahun 2021 tentang sertifikat elektronik.

“Kita belum melakukan pergantian sertifkat bentuk fisik menjadi elektronik. Program tersebut akan dilakukan secara bertahap dan hanya pada kantor yang ditunjuk sebagai pilok projects,” ujar Agus.

Ia mengungkapkan, untuk kepengurusan sertifikat tersebut prosesnya sama seperti mengurus proses manual dengan cara mendaftarkan secara elektronik (online) dengan melengkapi syarat yang telah ditetapkan.

“Nanti setelah melakukan pendaftaran secara elektronik, petugas akan melakukan verifikasi data yang telah di input oleh pemohon. Jika semua lengkap maka akan segera diproses dan jika belum petugas akan mengkonfirmasi kepada pemohon untuk dilengkapi,” ujar dia.

Ia menambahkan, tujuan dilakukannya pendaftaran secara elektronik atau online ini untuk mengurangi intensitas pertemuan antara pegawai BP dengan pemohon. Hal ini dilakukan guna mencegah ataupun mengantisipasi terjadinya praktek KKN.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button