BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Topang Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19, Bangka Tengah Tingkatkan Usaha Pertanian

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi untuk menjadikan usaha pertanian sebagai penunjang perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Sajidin mengatakan berbagai terobosan sudah dilakukan pada tahun 2020 dan sudah banyak yang terealisasi.

“Terobosan yang dilakukan seperti bantuan yang bersifat sarana dan prasarana terhadap masyarakat petani, baik bantuan dari pemerintah pusat atau pun pemerintah kabupaten. Ini diharapkan bisa memicu gairah baru untuk para petani,” ujar Sajidin kepada Lensabangkabelitung, Selasa, 5 Januari 2021.

Sajidin menuturkan program pengembangan tanaman holtikultura, seperti cabe dan bawang merah yang dilakukan pihaknya sudah terbukti menjadi salah satu program unggulan petani.

“Program holtikultura seperti cabe dan bawang merah ini sudah kami coba dan hampir semua petani sangat antusias, terutama seperti yang sudah dilakukan petani di desa-desa Kecamatan Lubuk itu rata-rata  berhasil,” ujar dia.

Menurut Sajidin, untuk 2021 pihaknya akan tetap fokus melanjutkan program tersebut menginga kebutuhan cabe di pasar langka dan harga cukup baik. Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap agar program tersebut bisa menyebar ke setiap desa di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kita berupaya menambah beberapa program strategis dalam komposisi tahun 2021 seperti pengembangan Kopi dan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Untuk program PSR 2020 sedang berjalan dan sudah terealisasi 234 hektar.

Sajidin menambahkan pihaknya menargetkan pada tahun ini program PSR bisa mencapai 300 hektar dengan nilai sekitar 9 miliar rupiah lebih. Saat ini, kata dia, rencana tersebut sedang diusulkan karena prosesnya cukup lambat dan tidak mengganggu APBN.

“Kita berharap pada tahun ini ekonomi masyarakat Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah semakin membaik terutama untuk sektor pertanian. Dan kedepan semakin banyak para petani-petani milineal di Kabupaten Bangka Tengah ini, karena prospeknya cukup bagus dan bisa menjadi penopang peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button