NEWS

Resmikan Jembatan Gantung Barakah, Gubernur Ingatkan Tujuh Hal Ini

Lensabangkabelitung.com, Mendo Barat – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Kamis, 14 Januari 2021, meresmikan Jembatan Gantung Barakah yang menghubungkan Desa Air Pandan dengan Desa Kotakapur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Atas peresmian itu menandai bahwa jembatan tersebut sudah dioperasionalkan dan dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Erzaldi mengingatkan pada masyarakat dan kedua pemerintah desa setempat untuk memperhatikan tata cara melintasi jembatan gantung, di antaranya:

Pertama, pengguna harus mengantre maksimal 40 orang pada waktu bersamaan dan tidak boleh berkelompok. Kedua, dilarang bermain, berswa foto di atas jembatan. Ketiga, jangan bersandar di sepanjang pagar jembatan. Keempat,anak-anak diwajibkan di bawah pengawasan orang dewasa saat melintas. Kelima, dilarang melintas saat hujan deras. Keenam, menjaga kerapihan dan kebersihan. Ketujuh, roda empat dilarang melintasi kecuali ambulance.

Melalui jembatan sepanjang 96 meter ini, Erzaldi mengharapkan dapat meningkatkan mobilitas kedua desa sehingga secara tidak langsung memiliki efek ekonomi kepada warga setempat, di antaranya hasil perkebunan dan bumi kedua desa tidak mengalami kesulitan dari sisi aksesibilitas.

Rencananya, jembatan terserbut akan dihibahkan dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. Setelah melalui proses hibah, jelas Erzaldi pihaknya akan menambah bantuan semisalnya pengaspalan bekerjasama dengan Pemda Bangka.

Nama jembatan gantung itu diberi nama dengan nama Jembatan Barakah, berjumlah satu benteng, dengan panjang jembatan 96 meter. Tahun pembangunan 2020 dengan jenis pondasi Spun Pile 350 MM.

Penulis : Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button