NEWSPANGKALPINANG

Laboratorium Biomolekuler Hadir di Pangkalpinang, Pemeriksaan PCR Lebih Cepat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang meresmikan Laboratorium Biomolekuler sebagai langkah cepat penanganan Covid – 19 di Kota Pangkalpinang, dan diharapkan melalui laboratorium ini tiap kali pengecekan sampel PCR pasien Covid – 19 lebih cepat dan tidak harus dikirim ke Palembang.

Kadinkes Kota Pangkalpinang, dokter Masagus M Hakim menyebutkan pembangunan laboratoriu. ini salah satu rekomendasi BPK bahwa Dinkes harus menyediakan fasilitas Lab untuk Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Dalam waktu satu bulan sudah tersedia lab yang diperlukan dan petugas lab sudah ditraining dimana target 100 orang perhari nantinya,” kata Masagus Hakim, Rabu, 20 Januari 2021.

Melalui Laboratorium Biomolekuler ini, Masagus menjelaskan Kota Pangkalpinang akan mampu memenuhi standarisasi pemeriksaan PCR sesuai World Health Organization (WHO) yakni seribu dari sejuta penduduk harus diperiksa PCR.

Di tempat yang sama, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyatakan selama ini hasil pemeriksaan PCR dititipkan ke kota lain namun dengan adanya Lab ini, diharapkan Kota Pangkalpinang lebih mandiri.

“Biasanya tes kita titip ke orang sekarang sudah bisa ditempat kita dan selain di masa covid ini juga bisa dipakai setelah masa covid nanti untuk masyarakat,” ujarnya.

“Masyarakat Pangkalpinang tidak usah tunggu hasil sampai ke Palembang lagi sehingga yang terpapar karena Covid bisa cepat ditangani dalam 1 kali running 99 sample bisa dilakukan karena dengan standar BSSl 2 sehingga bisa akurat,” tutur Molen, sapaan akrab orang nomor satu di Pangkalpinang itu.

Tidak lupa juga, Molen mengingatkan secara khusus kepada Forkopimda di Pangkalpinang untuk bekerja totalitas dan menjadi garda terdepan melawan Pandemi Covid-19 dan selalu siap menegakan aturan.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button